Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Sektor Kota (Polsekta) Banjarmasin Timur, terus meningkatkan patroli ke wilayahan untuk mengantisipasi meningkatnya kriminalitas selama Ramadhan.

"Memang benar, kami terus meningkatkan patroli ke wilayahan terutama di jam-jam rawan terjadinya tindak kriminalitas, seperti saat tarawih dan menjelang sahur," kata Kapolsekta Banjarmasin Timur Kompol Dese Yulianti SH Map di Banjarmasin, Rabu.

Dia mengatakan, setiap anggota terutama Bhabinkamtibmas selama Bulan Ramadhan harus meningkatkan aktivitas kinerja untuk terjun dan hadir di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu, unit patroli juga tidak tinggal diam, mereka harus masuk ke pemukiman-pemukiman masyarakat pada saat warga menjalankan ibadah tarawih. Bukan itu saja patroli juga harus melakukan sambang komunitas atau berdialog langsung dengan warga guna menyerap informasi.

"Dengan hadirnya polisi di tengah-tengah masyarakat mereka akan merasa nyaman dan aman," ucap Srikandi Polsekta Banjarmasin Timur itu.

Mantan Kasat Lantas Polres Banjar itu juga mengingatkan agar masyarakat sebelum meninggalkan rumah agar memastikan terlebih dahulu pintu dan jendela rumah apakah sudah terkunci, hal itu untuk menghindari aksi pencurian.

Masyarakat juga diimbau agar cepat lapor apabila terjadi sesuatu tindak pidana di wilayahnya masing-masing dan jangan pernah main hakim sendiri terhadap para pelaku kejahatan.

"Serahkan ke polisi apabila menangkap pelaku kejahatan dan jangan pernah main hakim sendiri," tutur wanita lulusan Secapa Polri itu.

Mari bersama-sama menjaga lingkungan agar tetap aman, nyaman serta kondusif dan jalin senergisitas antara polisi dan masyarakat karena tanpa bantuan masyarakat kinerja keberhasilan polisi akan sulit terwujud.

Guna diketahui pelaku tindak kriminalitas selalu mencari celah kelengahan masyarakat dan polisi agar mudah beraksi.

Untuk itu jajaran Polsekta Banjarmasin Timur selalu meningkatkan patroli demi memberikan rasa aman dan menekan meningkatnya kriminalitas selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri. 

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017