Balangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, melepas 14 Dokter Internship yang melaksanakan program pemerintah dalam membantu meningkatkan mutu kesehatan di kabupaten berjuluk "Bumi Sanggam".

Bupati Balangan, H Ansharuddin, mengatakan  kegiatan para dokter internship atau program magang tersebut bagi dokter yang baru menyelesaikan masa pendidikan profesi, turut membantu program kesehatan warga Balangan.

"Kurang lebih setahun mereka  melaksanakan tugas magang, tak terasa mereka juga telah banyak membantu peningkatan serta pelayanan kesehatan terhadap warga kita dengan profesionalisme yang tinggi, untuk itu kami ucapkan terimakasih kepada 14 dokter tersebut," ucapnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Ahmad Nasai mengutarakan, para dokter internship merupakan program magang bagi dokter yang baru menyelesaikan masa pendidikan profesi, yang bertujuan untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan.

Lewat pelaksanaan internship ini, tambah Ahmad, para dokteri secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan .

"Program internship dokter ini dilaksanakan selama satu tahun. Biasanya 8 bulan di rumah sakit dan 4 bulan di puskesmas," ungkapnya.

Salah satu Dokter Internship, Dr Laila Azizah mengungkapkan rasa senangnya selama bertugas di Balangan, selain merasa nyaman dengan keramahan lingkungan warga setempat, dukungan pemerintah dan instansi serta para pembimbing membuat program magang berjalan lancar.

"Terimakasih kepada warga Balangan, Pemerintah Setempat, Dinas kesehatan serta para dokter pembimbing, dan rekan-rekan perawat yang telah membuat kami nyaman, sehingga tak terasa selama berada di balangan, serasa berada di tempat sendiri," tutupnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017