Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Resor Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menggiatkan patroli di kawasan pemukiman masyarakat maupun tempat-tempat ibadah untuk mencegah terjadinya kriminalitas selama Ramadhan.

Kepala Kepolisian Resor Banjarbaru AKBP Kelana Jaya di Banjarbaru, Kamis, mengatakan patroli ditingkatkan sejak awal Ramadhan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Giat patroli ditingkatkan dalam upaya cipta kondisi kamtibmas di masyarakat sehingga mereka bisa dengan nyaman dan tenang menjalankan ibadah selama Ramadhan," ujarnya.

Ia mengatakan personel ditempatkan di setiap tempat ibadah, terutama masjid, untuk menjaga kekhusyukan jamaah saat menjalankan ibadah tarawih sehingga peribadatan lancar.

Dia menjelaskan personel, terutama berseragam, ditempatkan di masjid-masjid, sehingga bisa mencegah kriminalitas, baik pencurian, maupun gangguan kamtibmas lain, yang kemungkinan muncul.

"Kami ingin kehadiran polisi di tengah masyarakat bisa diterima, terutama saat berlangsungnya peribadatan sehingga mereka tenang dan khusyuk menjalankan ibadahnya," kata dia.

Ia menjelaskan selain menempatkan personel di masjid, patroli dengan sasaran kawasan permukiman warga juga ikut ditingkatkan untuk mencegah pencurian dengan pelaku yang memanfaatkan situasi sepi.

"Patroli di kawasan permukiman dilakukan personel untuk mencegah terjadinya pencurian karena banyak rumah kosong yang ditinggalkan pemiliknya untuk beribadah," ucapnya.

Dia mengatakan seluruh fungsi kepolisian diturunkan dalam mencegah maupun mengantisipasi gangguan kamtibmas selama Ramadhan hingga menjelang Idul Fitri.

Dia mengatakan penempatan personel secara bergiliran, disesuaikan dengan tingkat kerawanan. Demikian pula untuk patroli yang dilakukan personel dari kepolisian sektor.

"Intinya kami ingin polisi selalu berada di tengah masyarakat sehingga jika muncul kejadian bisa cepat bertindak sesuai prosedur dan dampaknya tidak semakin membesar," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017