Balangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, melalui Dinas Pertanian, memastikan stok kebutuhan daging sapi dan beras warga "Bumi Sanggam" selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitrie 1438 Hijriyah terpenuhi.

Kepala Dinas Pertanian, Tuhalus mengungkapkan, untuk stock beras sudah aman sejak Februari 2017, karena sebelum Ramadhan tiba, Balangan sudah surplus beras.

"Sejak Februari kemarin kita sudah memenuhi target pertanian, kita selalu surplus beras. Terlebih memasuki bulan Ramadhan ini kita berada pada musim panen, bahkan ada yang sudah memasuki tahap tanam kedua," jelasnya.

Sementara itu lanjut Tuhalus, untuk stock daging sapi, instansi terkait telah berkoordinasi dengan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, serta kabupaten berdekatan untuk memenuhi kebutuhan warga.

Dikatakan, kebutuhan warga Balangan akan daging sapi khususnya Ramadhan hingga Idul Fitrie 1438 Hijriyah kali ini sekitar 70 ekor sapi atau sebanyak 7 ton.

"Untuk 70 ekor sapi berarti kita akan mengeluarkan anggaran sekitar Rp1.050 miliar, jika dirata-rata harga sapi saat ini Rp15jt/ekor," terangnya.

Sementara itu ia mematok harga tertinggi daging sapi jika nantinya terjadi kenaikan harga, maksimal Rp135rb/kg.

"Untuk data stock daging dan beras tersebut sudah kita sampaikan ke Dinas Ketahanan Pangan Balangan," pungkasnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017