Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin menyelenggarakan Sosialisasi Kebijakan Pengelolaan Persampahan "Melalui Bank Sampah Kelola Sampah Menjadi Berkah" di Aula Kayuh Baimbai Pemko Banjarmasin, Selasa 30 Mei 2017.

 

Timbunan sampah di Kota Banjarmasin sudah mencapai 600 ton/hari. Hal ini disebabkan pertumbuhan penduduk di Kota Banjarmasin yang cukup pesat dan bertambah setiap tahunnya. Sehingga mengakibatkan sejumlah timbunan sampah semakin meningkat. Sistem pengelolaan persampahan merupakan salah satu solusi dalam pengurangan sampah yang ada di Kota Banjarmasin.


Pola tersebut sudah tertuang dalam Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 21 Tahun 2011 tentang pengelolaan persampahan kebersihan/ pertamanan. Oleh karena itu dihimbau kepada masyarakat untuk dapat mengelola sampah mulai dari sumbernya ataupun melalui pola pengelolaan sampah dengan metode Bank Sampah.


Dalam sambutan Walikota Banjarmasin yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs. Hamli Kursani, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan Bank Sampah ini menjadi berkah yang harus diapresiasi.


Karena Pemerintah Kota Banjarmasin telah menandatangani kesepakatan dengan Kementerian Lingkungan Hidup RI pada Tahun 2020, bahwa sampah di Banjarmasin itu hanya 20 persen yang dibawa ke TPS.


Berarti empat bagian habis dikelola di beberpa lokasi. Di sinilah peranan Bank Sampah dalam mengelola sampah-sampah tersebut. Ditargetkan Bank Sampah di Tahun 2017 ini mencapai 200 buah, akan tetapi yang ada sekitar 194 buah.


Di Tahun 2018 Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin bisa mengajak pemenang lomba-lomba kebersihan melakukan studi banding ke daerah yang berhasil dalam pengelolaan persampahan, seperti Kota Surabaya.


"Mengenai tindak lanjutnya kita harus berani mencoba satu wilayah, dimana bank sampah di wilayah tersebut benar-benar mengelola 80 persen sampahnya, dan hanya 20 persen yang diangkut ke TPS", ujar Ibnu Sina.


Pada kesempatan ini diserahkan penghargaan kepada Kelurahan pemenang lomba kebersihan DLH oleh Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs. Hamli Kursani, M.Si didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Drs. Mukhyar, M.AP dan Direktur Bank Sampah Kota Banjarmasin Fathurahman.


Pemenang Lomba Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Antar Kelurahan Tahap 1 Tahun 2017 :

Kelurahan Pelambuan - Juara I

Kelurahan Belitung Selatan - Juara II

Kelurahan Sei Jingah - Juara III

Kelurahan Pangeran - Juara Harapan I

Kelurahan Tanjung Pagar - Juara Harapan II

Kelurahan Pemurus Baru - Juara Harapan III

Kelurahan Kuin Selatan - Juara Harapan IV

Kertak Baru Ulu - Juara Harapan V

Kelurahan Benua Anyar - Juara Harapan VI

Kelurahan Pekapuran Raya - Juara Harapan VII


Hadir pada acara ini Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs. Hamli Kursani, M.Si, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Drs. Mukhyar, M.AP dan Jajarannya, Direktur Bank Sampah Kota Banjarmasin Fathurahman, SOPD terkait Pemerintah Kota Banjarmasi, Para Camat dan Lurah Kota Banjarmasin, Pelajar, dan Pengelola Bank Sampah se Kota Banjarmasin. (Humpro Bjm)

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017