Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Kepala Kanwil Kementeria Agama Provinsi Kalimantan Selatan H Noor Fahmi menyatakan, kepulangan qori Muhammad Rizqon (16) yang sudah menorehkan prestasi di Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) 2017 tingkat internasional di Turki disambut bangga warga Kalsel.


"Sebagai qori daerah yang berhasil menjadi juara tiga MTQ tingkat internasional, kita patut berbangga menyambut kedatangannya," kata Fahmi di Banjarmasin, Selasa.

M Rizqo, kata Fahmi, telah datang di Bandara Syamsuddin Noor pada Senin (29/5) sekitar pukul 15.10 Wita, dia disamput jajaran Kemenag Kalsel dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur`an (LPTQ) Kalael serta keluarganya.

"Dia patut disambut dengan istimewa, sebab telah mengharumkan nama bangsa dan Kalsel tentunya," ujar Fahmi.

Apalagi, papar dia, qori yang merupakan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin ini masih belia, banyak kesempatan lagi menorehkan prestasi-prestasi kedepannya.

"Dia (Rizqon) akan memotivasi qori dan qoriah lainnya untuk berprestasi ketingkat nasional bahkan internasional," tuturnya.

M Rizqon dalam sebuah liris keterangannya mengaku tidak mengira mendapatkan prestasi hingga juara tiga MTQ internasional tersebut.

"Tiba di tempat acara, semua peserta diminta unjuk kebolehan dan dari 60 utusan berbagai negara 10 diantaranya dinyatakan tidak boleh tampil," terangnya.

Menurut Rizqon, ada mekanisme yang berbeda dari pelaksanaan MTQ di Indonesia. Jika di Indonesia ada kelompok umur, namun kalau di MTQ Internasional tidak dibedakan.

"Itulah yang sangat berat bagi saya karena harus bersaing dengan peserta yang usianya lebih dewasa dan kualitas suara lebih tinggi," ujarnya.

Lebih lanjut anak tunggal dari pasangan H Noor Bakir dan Hj Eti Muswati tersebut mengatakan banyak pengalaman yang sangat berharga diperoleh selama mengikuti kegiatan tingkat dunia tersebut.

"Banyak variasi lagu yang ditampilkan dan semuanya bagus, terutama peserta dari Iran yang mempunyai suara tinggi dan lagu yang sangat merdu," pungkasnya.

Sebelum mendapat kepercayaan mewakili Indonesia pada MTQ Internasional di Turki, M Rizqon sebelumnya berprestasi di MTQ tingkat nasional di Kota Mataram NTB.

Dari prestasi MTQ di Turki itu, Rizqon menerima langsung plakat penghargaan dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan serta dihadiahkan uang 20 ribu Lyra atau senilai kurang lebih Rp75 Juta.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017