Balangan, (Antaranews Kalsel) - Warga Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, mengoleksi  ratusan tanaman anggrek dengan cara sederhana dan hanya dengan menggunakan pekarangan rumah.

Fahmi, warga Kelurahan Batu Piring, Kecamatan Paringin Selatan, kelahiran 3 Agustus 1964, bahkan mengoleksi hingga 500 jenis tanaman angrek yang tumbuh subur dipekarangan rumah. 

Dikatakan, meskipun tanaman tersebut bernilai komersil dan diperjual belikan, namun tujuan utamanya adalah agar pecinta anggrek terus bertambah, sehingga kelestarian tanaman angrek tetap terjaga.

"Ada sekitar 500 jenis tanaman anggrek yang saya pelihara, dan kalau bernilai komersil atau laku dijual, itu hanya sekedar bonus saja, intinya kita ingin tanaman ini dikenal dan tetap dilestarikan," jelasnya.

Anggrek yang ia koleksi tersebut menurut Fahmi, didapatkannya di hutan. Namun ketika mengambil anggrek hutan, agar tetap lestari dan terjaga, indukan anggrek tetap dibiarkan hidup," ujarnya.

Ketertarikannya membudiyakan atau memelihara angrek, menurut ayah tiga anak ini, tidak terlepas dari rasa cintanya kepada kekayaan hutan meratus yang didalamnya terdapat ratusan jenis anggrek.

Bahkan setiap orang yang datang dan ingin mengetahui tentang cara budidaya anggrek, ia tak segan-segan menerangkan bagaimana cara membudidayakan anggrek agar tumbuh subur dan indah.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017