Marabahan, (Antaranews Kalsel) -  Dinas Sosial Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan menerapkan bantuan penanggulangan kemiskinan dan subsidi serta bantuan sosial sesuai keinginan Presiden Joko Widodo disalurkan  nontunai melalui perbankan.

"Sekarang kita akan awali untuk warga Program Keluarga Harapan (PKH) untuk wilayah Kecamatan Marabahan dan selanjutnya wilayah lainnya," kata Kepala Dinsos Batola, Fuad Syekh saat membina Upacara Gabunan di halaman Kantor Bupati Batola, Senin (29/5).

Menurut  Fuad, dalam pemberian bantuan nontunai nantinya, penerima cukup melalui satu kartu yaitu dinamakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Sementara pengambilannya dapat dilakukan melalui bank Himbara (Himpunan Bank Negara) yaitu BRI, BNI, Mandiri dan BTN.

"Jika selama ini bantuan yang diberikan dengan beberapa kartu dan pengambilannya melalui kantor pos, nanti cukup satu kartu (KKS) dan melalui bank Himbara," ucap Fuad, seraya menjelaskan di Batola bank himbara terdapat pada BRI dan BNI.

Fuad menjelaskan, bagi warga miskin Batola yang telah terdata akan diberikan kartu yang bentuknya mirip ATM dan di belakangnya terdapat cips.

Dalam kesempatan upacara yang juga dihadiri Sekdakab Batola Ir H Supriyono, para pejabat eselon II, III, IV, dan pelaksana itu, Fuad juga menyinggung segala manfaat kartu KKS termasuk untuk kebutuhan beras sejahtera (Rasra) yang pendanaannya disubsidi pemerintah.

Fuad menjelaskan, untuk Rasra hingga bulan Juni akan dibagikan melalui penyalur. Ke depan, lanjutnya, beras rakyat termasuk segala jenis lainnya seperti gula, tepung, telur, gas LPG dan lainnya, penyalurannya akan dilakukan melalui e-Warung yang penyedianya berasal dari Bulog.
    
Menyangkut bantuan sosial yang terdapat di Dinsos, Fuad menerangkan, pada tahun 2017 untuk pemberian sembako dari Provinsi Kalsel dan Batola yakni, sebanyak  6.000 paket sembako, rumah tidak layak huni 10 buah dari provinsi dan satu buah dari Pemkab Batola.

Disamping itu, sebut dia, juga terdapat program pemberdayaan masyarakat miskin berupa bantuan untuk peternakan, KUBE, dan lainnya.

Selain itu, lanjut Fuad, juga terdapat pengiriman warga remaja dan wanita untuk pelatihan-pelatihan serta pengiriman untuk pelatihan bagi penyandang disabilitas ke Balai Besar, Bina Kapsa, Bukit Soeharto di Solo dan Cibinong.






Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017