Amuntai, (Antaranews.Kalsel) -Harga sembilan bahan pokok di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan relatif stabil dengan kenaikan harga yang dinilai wajar setiap menjelang memasuki Bulan Suci Ramadan.


Namun beberapa bahan pokok memang mengalami kenaikan yang cukup signifikan seperti Bawang putih yang pekan kemaren sudah berkisar Rp50 ribu per kilogram, pekan terakhir ini meningkat menjadi  Rp60 ribu per kg.

Kabid Perdagangan Dikuperindag Hulu Sungai Utara (HSU) Syamsuri Arsyad di Amuntai, Jum'at mengatakan, masih mahalnya sebagian harga bahan pokok karena pasokan yang kurang, namun rata-rata harga sembako di Pasar Induk Kota Amuntai, pasar unggas dan pasar tradisional lainnya masih stabil.

"Sebagian bahan pokok memang masih mahal karena pasokan kurang, sebagian lagi justru turun memasuki Ramadan karena memang pasokan cukup," ujar Syamsuri. 

Syamsuri mengatakan, harga sembako yang harganya turun jelang Ramadan seperti cabe rawit, bawang merah, kacang tanah lokal, ikan gabus, ikan asin teri dan lainnya. Sedang harga daging sapi berkisar Rp120 ribu per kg, Minyak goreng berkisar Rp13 ribu - Rp15 ribu per liter.

Ia mengatakan, jika sewaktu-waktu harga sembako kian mahal, pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan siap melaksanakan kegiatan pasar murah bekerja sama dengan Disperindag Provinsi Kalsel dan para distributor makanan.

Sementara menyambut Ramadan datangnya Ramadahn, jajaran pemerintah dan masyarakat khususnya pelajar melaksanakan kegiatan pawai ta'aruf pada Jum'at pagi.

Pawai ta'ruf di Jajaran pemerintah daerah dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Husairi Abdi yang memulai start di Halaman Kantor Bupati HSU.

Kegiatan pawai ta'aruf didahului kegiatan tausiyah dan do'a bersama yang kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki bersama menyusuri jalan Ahmad Yani, Abdul Azis, Antasari dan kembali ke Halaman Kantor Pemda.

"Kita ingin ajak masyarakat untuk bergembira menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan dengan harapan kita bisa mengisinya dengan amal ibadah serta mampu melaksanakan puasa sebulan penuh," ujar Husairi.

Pada waktu bersamaan, ratusan pelajar dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten HSU juga melaksanakan kegiatan pawai ta'aruf di Kelurahan Sungai Malang Amuntai.

Pawai diiikuti pejabat dan karyawan Kemenag serta guru dan pelajar sambil membentangkan spanduk ucapan selamat menyambut Ramadan dan beberapa pesan keagamaan lainnya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017