Pelaihari, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan melakukan sosialisasi hasil studi rencana induk Pelabuhan Swarangan, di ruang Rapat Barakat, Jumat (12/5).

Sosialisasi itu dipimpin langsung oleh Bupati Tanah Laut H Bambang Alamsyah dan Kepala Dinas Perhubungan Tanah Laut Andris Evony dan dihadiri perwakilan  Direktorat Jenderal Perhubungan Kementerian Pehubungan RI, konsultan pembangunan, pimpinan SOPD dan instansi terkait.

Kepala Dinas Perhubungan Tanah Laut Andris Evony mengatakan,  studi kelayakan jalan penghubung ke pelabuhan sudah dilakukan.

Dengan semikian,  menurut dia,  segera bisa dilakukan proses pembebasan lahan dan  dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang Tanah Laut.

"Pembangunan jalan akses harus seirama dengan pembangunan pelabuhan," ucapnya.

Terpisah, Bupati Tanah Laut H Bambang Alamsyah mengatakan,  realisasi pembangunan Pelabuhan Swarangan sangat ditunggu-tunggu Pemkab Tanah Laut.

"Segala sesuatunya sudah  kita persiapkan,  tinggal menunggu hasil studi  rencana induk pelabuhan (RIP)," terangnya.

Dengan selesainya RIP, ungkap bupati, maka  yang lainnya akan bisa diproses ketahap selanjutnya.

"Pembangunan pelabuhan ini sangat penting,  karena kedepannya kawasan pelabuhan tersebut berdasarkan Instruksi Presdien RI dipersiapkan menjadi kawasan industri,  terutama industri turunan CPO," tegasnya.

Jadi, tegas dia,  cakupannya tidak hanya untuk kawasan Kalsel saja, namun  kegiatan produksi CPO Kalteng juga masuk kePelabuhan Swarangan.

"Posisi Tanah Laut yang strategis menjadikan pelabuhan Swarangan sangat  penting. Oleh karena itu pembangunan ini butuh dukungan dari semua pihak," katanya.


Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017