Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Dinas Perdagangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan, menggelar pasar murah untuk menekan harga kebutuhan pokok terutama menjelang Ramadhan.
    
Kepala Dinas Perdagangan HSS HM Supiani di Kandangan Rabu mengatakan, pihaknya akan melaksanakan pasar murah dengan sasaran warga kurang mampu agar terpenuhi kebutuhannya terutama menjelang Ramadhan dan Idul fitri.
    
Pemerintah, kata dia, akan menggandeng distributor untuk menjual harga kebutuhan pokok sesuai dengan harga distributor. Pasar murah tersebut khusus bagi warga kurang mampu untuk mengantisipasi lonjakan harga yang biasa terjadi menjelang Ramadhan.
    
Beberapa kebutuhan pokok yang akan dijual dalam pasar murah tersebut antara lain minyak goreng, gula dan daging, telor dan beberapa kebutuhan pokok lainnya kecuali beras.
    
"Beras  tidak akan kita jual di pasar murah, karena sudah dipenuhi melalui program beras sejahtera (rastra) yang penyalurannya sudah dilakukan Dinas Sosial HSS," katanya.
    
Program pasar murah ini, tambah dia, akan dilaksanakan di 15 titik yang mencakup 11 kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dari 15 titik, 5 titik dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan Propinsi Kalimantan Selatan, untuk penyediaan stok pasar murah mencukupi.
    
"Jadwal pasar murah dilaksanakan pada semingu sebelum puasa Ramadhan dan seminggu setelah bulan Ramadhan, selain dengan Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel kita melakukan kerja sama dengan Bulog untuk paket sembako pasar murah",ujarnya.
    
Pertama kali pasar murah sudah dilaksanakan di satu titik yaitu di desa Amawang Kanan, Kecamatan Kandangan, dari pengalaman penjualan pasar murah bahan pokok yang dijual mencukupi sesuai dengan kebutuhan masyarakat sesuai sasaran pasar murah.
     
Sementara untuk pasar murah yang akan kembali digelar 1 Ramadhan dipusatkan di lokasi Pasar Kandangan, yang bertepatan dengan pembukaan pasar Ramadhan oleh Pemkab HSS.
    
"Kami harap, melalui kegiatan pasar murah ini, harga sembako tetap stabil dan membantu warga dalam menghadapi bulan Ramadhan dan Idul Fitri," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017