Balangan, (Antaranews Kalsel) - Pengurus Gabungan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA, IPS dan Matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, mendorong para guru di daerah tersebut untuk bisa mekaukan penelitian dan membuat karya tulis ilmiah.

Ketua MGMP IPS Febtika Reysne di Paringin Sabtu mengatakan, upaya mendorong para guru tersebut antara lain melalui "workshop" karya tulis ilmiah atau Research and Development (RnD) Education 2017 yang digelar selama tiga hari yaitu 5 - 7 Mei 2017 dengan mendatangkan narasumber dari Universitas Negeri Makassar Dr Asdar.

Acara yang diikuti oleh 102 orang guru IPS, IPA dan Matematika SMP se Kabupaten Balangan tersebut, diharapkan akan mampu merangsang para guru untuk melakukan penelitian dan inovasi sehingga lebih maju lagi.

Menurut Reysne, narasumber yang didatangkan merupakan tim pengembang SMP yang sudah bertaraf nasional sekalugus merupakan instruktur dari para instruktur nasional Matematika, sehingga diharapkan akan mampu membawa manfaat besar bagi para peserta.

"Kegiatan ini bertujuan agar guru-guru di Kabupaten Balangan dapat menghasilkan produk tertentu yang mempunyai nilai tambah, dan memberi keuntungan melalui langkah-langkah ilmiah (penelitian) yang bersifat analisis kebutuhan, dan untuk menguji kehandalan serta keefektifan produk tersebut supaya dapat berfungsi di masyarakat luas," ujarnya.

Dijelaskan, penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) sering diartikan sebagai suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru, atau menyempurnakan produk yang telah ada.

"Namun yang dimaksud produk dalam konteks ini adalah tidak selalu berbentuk hardware atau buku, modul, alat bantu pembelajaran dikelas, media pembelajaran, alat peraga dan laboratorium.

Tetapi bisa juga perangkat lunak (software) seperti program untuk pengolahan data, pembelajaran di kelas, assismen dalam pembelajaran, perpustakaan, atau laboratorium, serta model pendidikan, pembelajaran pelatihan, bimbingan, evaluasi dan manajemen.

Dengan kegiatan tersebut ia berharap agar, guru-guru SMP di Kabupaten Balangan menjadi guru yang mahir dalam membuat karya tulis ilmiah dan mampu mengembangkan diri sesuai perkembangan teknologi sehingga berimbas baik bagi murid maupun sekolah.

"Kita berharap para tenaga pendidik mampu menjadi guru yang aktif, kreatif, inovatif serta mampu berpikir kritis dalam memecahkan permasalahan didalam pembelajaran maupun dalam dunia pendidikan secara luas," tuturnya.

Selain itu, dari kegiatan tersebut peserta juga akan mendapatkan sertifikat workshop yang diharapkan bisa digunakan untuk melengkapi persyaratan dalam kenaikan pangkat.

Pewarta: Roly Supriyadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017