Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengungkapkan kedatangan Presiden Joko Widodo bersama rombongan pada puncak budaya masyarakat nelayan Mappanretasi bisa memperkuat upaya pelestarian budaya lokal daerah.


Menurut Gubernur pada puncak Mappanretasi di Batulicin Minggu, perhatian dan kepedulian Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam upaya menjaga dan melestarikan budaya kearipan lokal merupakan salah satu strategi kebijakan nasional dalam upaya menjaga kedaulatan kemaritiman RI.

"Pertama dan utama, saya sampaikan masyarakat Kalimantan Selatan sangat bersyukur dan berbangga atas kehadiran Bapak Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara beserta rombongan ke daerah kami, dalam rangka bersilaturahmi dan mengapresiasi event budaya nasional Banua," kata Gubernur.

Menurut dia, kehadiran Presiden Joko Widodo di tempat ini dalam rangka bersilaturahmi dan menghadiri event budaya nasional merupakan salah satu bukti nyata kepedulian kepala negara bagi pelestarian adat dan budaya, sebagai salah satu simbol pemersatu bangsa.

Event budaya Mappanretasi salah satu budaya unggulan di Kalsel, adalah budaya masyarakat lokal yang harus dijaga kelestariannya sebagai bagian dari budaya bangsa.

Melalui kedatangan kepala negara, di Banua Kalimantan Selatan, lanjut gubernur, akan memberikan spirit kuat bagi pemerintah daerah dan jajaran untuk bekerja keras melestarikan khasanah budaya-budaya lokal lainnya di Banua Kalimantan Selatan.

Gubernur H Sahbirin Noor juga berharap pemerintah menyetujui usulan pembangunan strategis bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, di antaranya, pembangunan Jembatan Penyeberangan Kotabaru ke Batu Licin Kabupaten Tanah Bumbu, pembangunan jalan tol Banjarbaru ke Tanah Bumbu dan sejumlah proyek strategis lainnya.

Presiden Jokowi mengungkapkan sangat menghargai budaya masyarakat nelayan dengan kemampuan maritim dan kekayaan alam yang terkandung di bawahnya.

Menurut dia, potensi laut dan maritim Indonesia seperti perikanan kalau dijaga dan dikelola dengan baik maka berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat nelayan.

"Negara kita adalah negara maritim. Nenek Moyang kita hidup harmonis dengan laut. Dan salah satunya dibuktikan masyarakat di sini, yakni dengan menggelar event budaya Mappanretasi.

Presiden Jokowi dan rombongan membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH).

Setelah melakukan kunjungan kerja dari Kabupaten Tanah Bumbu, Presiden melanjutkan kegiatan di Kabupaten Tanah Laut untuk penyerahan sertifikat hutan rakyat silvopasture, hutan kemasyarakatan dan hutan desa di Kecamatan Tebing Siring.

Selain itu, juga penyerahan sertifikat tanah program strategis tahun 2017 di Taman Labirin, Kabupaten Tanah Laut.

Dari Tanah Laut Presiden Jokowi pada malam harinya bersilaturahmi dengan tokoh agama dan masyarakat di Kalimantan Selatan, berlangsung di Hotel Gulden Tulip Banjarmasin.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017