Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Salah satu Panelis yang ditunjuk Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemen-PAN RB) , Refly Harun,  memberikan apresiasi terhadap paparan Bupati  Hulu Sungai Selatan (HSS), Achmad Fikry dalam ajang penilaian inovasi layanan tingkat Nasional SINOVIK di Aula Sriwijaya I Gedung Kemen-PAN RB di Jakarta, Rabu (3/5).

Refly menggambarkan penilaiannya dalam sebuah pantun "makan ketan campur duren, Bupati Hulu Sungai Selatan memang keren", setelah penjelasan demi penjelasan dipaparkan oleh Bupati hingga para Panelis pun merasa puas mendengar penjelasan Bupati yang tampil meyakinkan ini

Begitupun, satu persatu pertanyaan dari para panelis tentang kedua inovasi HSS dijawab dengan lugas dan jelas oleh Bupati HSS, baik pertanyaan tentang keterlibatan masyarakat terhadap program, keberlanjutan program, sistem yang dibangun untuk memantabkan program, dan lain-lain.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) HSS, Hendro Martono menginformasikan layanan yang diberikan Pemkab HSS kepada masyarakatnya, dinilai Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara - Reformasi Birokrasi layak untuk dinominasikan dalam ajang penilaian inovasi layanan tingkat Nasional SINOVIK.

Tidak hanya satu yang berhasil lolos pada 99 inovasi top rangking, bahkan ada dua, yaitu inovasi layanan "Pro Master Go Sehati" (Program Rumah Sejahtera menuju Masyarakat Sejahtera, Agamis, dan Produktif), dan "Telat Berkemas" (Tetap Lestari Berdayakan Kelompok Masyarakat).

"Kedua inovasi ini berhasil lolos karena dianggap memenuhi indikator Sinovik, karena  unik, berdampak manfaat yang tinggi, berkelanjutan, dan dapat direplikasi",ujarnya.

Kabupaten Hulu Sungai Selatan meloloskan 2 inovasinya dari 3054 inovasi yang ikut kompetisi dan merupakan satu-satunya Kabupaten yang lolos di Provinsi Kalimantan Selatan, 1 dari 3 Kabupaten se-regional Kalimantan, dan juga satu dari 33 Kabupaten yang berhasil lolos dari 500-an Kabupaten se-Indonesia.

Menurutnya, Bupati  didaulat mempresentasikan kedua inovasi tersebut dihadapan para Panelis kondang yang ditunjuk KemenPAN RB, yaitu JB. Kristiadi (Seorang Doktor lulusan Sorbonne University - Perancis, mantan Ketua LAN - RI.

Selain itu pengamat politik dari Center For Strategik and Internasional Studies, Refli Harun, (seorang pakar Hukum Tata Negara, dan Peneliti pada Centre of Electoral Reform), dan Wawan Sobari (Dosen UniBraw Malang).

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017