Amuntai, (Antaranews.Kalsel) -Memeriahkan hari jadi Kabupaten Hulu Sungai Utara ke 65 yang jatuh pada 1 Mei nanti Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah setempat menggelar Lomba bercerita bagi pelajar sekolah dasar hingga SLTA.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Hulu Sungai Utara, Lailatanur Raudhah di Amuntai, Kamis mengatakan, agenda perlombaan ini rutin dilaksanakan Dispesip HSU setiap tahun, hanya saja kali ini momentnya bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten.

"Melalui lomba ini kita terus berupaya menggalakan kegemaran membaca di kalangan masyarakat khususnya pelajar," ujar Lailatanur.

Lailatanur mengatakan, sejumlah upaya dilakukan Dispersip Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) untuk meningkatkan minat baca masyarakat, diantaranya menyediakan layanan online bagi pengunjung kantor perpustakaan kabupaten dan layanan mobil perpustakaan keliling.

Khusus untuk bidang kearsipan untuk kesekian kalinya Dispersil HSU akan mewakili Kalimantan Selatan pada Lomba Kearsipan Daerah (LKD) tingkat nasional dengan target juara satu, karena pada tahun sebelumnya Dispesil HSU sudah meraih juara dua nasional.

Sementara Duta Baca Kabupaten HSU Anisah Rasyidah Wahid mengatakan, kebiasaan membaca harus terus didorong mengingat semakin majunya media komunikasi dan informasi yang cukup menyita perhatian
masyarakat.

"Melalui lomba bercerita perhatian generasi muda dan masyarakat coba dialihkan lagi untuk menggemari membaca buku," katanya.

Perlombaan bercerita pelajar tahun ini juara pertama tingkat SD diraih Midal Raihan dari SDN Kaludan Kecamatan banjang, tingkat SLTP diraih Muhammad Raihan dari MTs Panyiuran Kecamatan Amuntai Selatan dan tingkat SLTA diraih Nada Maulidha dari NIPA Rakha Amuntai. Semua pemenang mendapat hadiah satu buah sepeda, tropi dan uang pembinaan. 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017