Balangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Kabupaten Balangan, H Ansharuddin meresmikan rumah pintar "Benteng Tundakan" sebagai wadah edukasi tentang pelaksanaan Pemilihan Umum di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. 

Bupati Balangan H Ansharuddin, di Balangan, Kamis,  mengaku sangat senang dengan terobosan dari KPU dengan membuat Rumah Pintar Pemilu dalam mendidik masyarakat menggunakan hak pilihnya. Sehingga, nantinya masyarakat yang datang memilih saat Pilkada bisa tinggi.

Menurut Bupati, pendidikan politik harus dilakukan oleh KPU. Pemahaman masyarakat yang merasa bahwa pemilihan umum tidak begitu penting harus diluruskan.

Balangan sendiri sebetulnya cukup tinggi partisipasi pemilihnya, seperti pemilu kemaren 80% masyaralat terlibat dalam pemilihan, "namun dengan ada rumah pintar pemilu ini kita juga berharap partisipasi masyarakat lebih tinggi lagi," Harapnya.

Sementara, ketua KPU Propinsi Kalsel juga menyampaikan pembuatan rumah pintar ini dilakukan hampir diseluruh indonesia, sudah ada di 80 persen KPU tingkat provinsi seluruh Indonesia.

"Diharapkan kepada masyarakat, mahasiswa dan partai politik bisa menggunakan saranan ini untuk mencari informasi dan sumber kepemiluan yang ada di Indonesia," Katanya.

Ketua KPU Balangan, Usman, mengatakan pembangunan rumah pintar pemilu ini dibagun bersamaan dengan 3 Kabupaten/Kota lain di Kalimantan Selatan, yakni Kabupaten Barito Koala, Marabahan, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar, Martapura.

"Rumah pintar ini kita harapkan bisa menjadi wadah pengetahuan untuk para masyarakat terutama mempelajari proses pemilu yang dengan sasaran pemilih utama," sampainya. 

Dalam kegiatan tersebut, H Ansharuddin  juga melakunan penandatangan pembangunan rumah pintar di delapan kecamatan di Kabupaten Balangan dan mendatangani prasasti peresmian rumah pintar "Benteng Tundakan".

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balangan membuat rumah pintar "Benteng Tundakan" sebagai edukasi tentang pelaksanaan pemilu yang belokasi dikantor KPU Balangan.

Acara peresmian juga dihadiri juga oleh Ketua KPU propinsi Kalsel Drs Samahuddin serta pimpinan Muspida diantara Kapolres Balangan AKBP Moh Zamroni, perwakilan Damdim 1001 Amt-Balangan yang diwakili Danramil Paringin, Kapten Mahmud Dalle dan unsur pimpinan Partai Politik.


Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017