Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 10 HSS  mewakili Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Tingkat Nasioanl 2017.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Matnor, Kamis, mengatakan  kesuksesan Madrasah dalam pengelolaan UKS dapat meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik di madrasah karena dengan peningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat dan derajat kesehatan peserta didik maupun warga belajar serta menciptakan lingkungan yang sehat.

“Semoga kesuksesan MTsN 10 HSS dalam UKS ini akan menjadi pendorong madrasah lainnya untuk meningkatkan prestasi,” ujarnya disela-sela pendampingan pada penilaian lomba UKS tersebut, Daha Utara.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai UKS Tingkat Nasional, Widyawati dalam sambutan pada acara penyambutan Tim Penilai UKS Tingkat Nasional menyatakan penilaian UKS di MTsN 10 HSS lebih menitikberatkan pada komitmen warga madrasah dalam perilaku hidup bersih dan sehat.

“Kami berharap perilaku anak didik dan warga madrasah menjadi kebiasaan dalam memelihara kebersihan dan kesehatan, bukan hanya karena hendak lomba saja,” pesannya.

Selain itu, Widyawati juga menjelaskan penilaian juga dilakukan terhadap kebersihan terhadap struktur fisik bangunan   seperti kebersihan kelas dan halaman sekolah, memperhatikan pengaturan pencahayaan (ventilasi ) ruangan, pengaturan jarak, tempat duduk, dan papan tulis.

Tampak hadir dalam acara penyambutan Tim Penilai Lomba UKS Tingkat Nasional, Sekretaris Daerah Kabupaten HSS HM Ideham, Asisten Admistrasi Pembangunan dan Kemasyarakat Sekretariat Daerah HSS H Hubriansyah, Kepala Dinas Pendidikan, Nordiansyah,  dan Kepala SKPD terkait, Camat Daha Utara dan Kepala KUA Daha Utara, Tim Pembina UKS dari tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kecamatan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017