Koba, (Antaranews Kalsel) - Sejumlah wisatan lokal mengagumi keindahan alam Pantai Gusong di Desa Batu Beriga, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung karena pantai di ujung tenggara Pulau Bangka memiliki panorama alam yang cukup mempesona.

Fauzie, seorang wisatawan lokal di Koba, Rabu, mengatakan Pantai Gusong ini memiliki panorama alam yang berbeda dibanding pantai lain yang pernah dikunjunginya.

Pantai Gusong memiliki dua sisi garis pantai yang membentang hingga dua kilometer.

"Hamparan pantainya cukup luas dan menjorok, pasirnya yang putih bersih membuat pengunjung menjadi betah berlama-lama bermain di pantai yang cocok menjadi objek wisata keluarga," katanya pula.

 Menurut dia, pantai ini memiliki potensi yang luar biasa dan sudah terbentuk dengan sendirinya dengan hamparan pantai cukup luas, air laut tenang, karang masih utuh, dan pohon yang masih asri di pinggir pantai sehingga pemerintah daerah hanya tinggal mengembangkan saja menjadi sebuah objek wisata andalan.

"Kalau dikemas dengan baik dan dikembangkan, pantai ini tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Indonesia, seperti di Bali," ujarnya.

Ia mengaku mengetahui keindahan alam Pantai Gusong ini dari media sosial yang banyak diposting teman-temannya baik di facebook, twitter dan melalui grup WA, sehingga membuat dirinya penasaran.

"Setelah saya datang ke sini, ternyata panorama alam pantai ini sangat menakjubkan dan sepertinya objek wisata potensial yang belum diketahui banyak orang, buktinya hanya wisatawan lokal berkunjung ke sini," ujarnya pula.

Rudianto, pengunjung Pantai Gusong lainnya menyayangkan pemerintah daerah kurang memanfaatkan potensi pantai tersebut, padahal bisa menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara jika dikemas dengan baik.

"Tidak banyak yang tahu dengan pantai ini, artinya kurang promosi dan perhatian dari pemerintah. Saya mendapat informasi Pantai Gusong ini hanya dikelola pihak desa secara swadaya tanpa dukungan dari Pemkab Bangka Tengah," ujar dia lagi.

Padahal menurut dia, jika pantai ini dikemas dengan baik akan menjadi destinasi wisata andalan Bangka Tengah, selain sejumlah objek wisata lainnya seperti Pulau Ketawai, Hutan Pelawan, dan objek wisata menarik lainnya./f

Pewarta: Ahmadi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017