Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Untuk mengenalkan potensi Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) khususnya kerajinan tangan khas daerah ditingkat Nasional bahkan Internasional, Kabupaten HSS akan ikut serta dalam pameran Inacraft 2017 yang akan berlangsung mulai 25 April 2017 mendatang di Jakarta Convention Center ( JCC) Jakarta.

Kepastian keikut sertaan Kabupaten HSS membuka stand pameran di pameran kerajinan tangan bergengsi ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian Kabupaten HSS, Sasmi Rifani, dikantornya beberapa waktu lalu.

Menurut dia, keikut sertaan Kabupaten HSS merupakan yang pertama kalinya, berdasarkan masukan dari Istri Bupati HSS sekaligus Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) HSS, Hj, Isnaniah A. Fikry, penyiapan stand juga disiapkan mengambil bentuk khas daerah yaitu rumah Banjar.

"Alhamdulillah untuk persiapan sudah matang, rombongan akan berangkat Malam Selasa (24/4) dengan mengikut sertakan dua pengrajin daerah sementara untuk bahan pameran sudah dikirimkan lebih dahulu dipaketkan melalui jasa pengiriman barang",ujarnya.

Diungkapkannya, Stand akan memperkenalkan beberapa kuliner daerah  seperti dodol kandangan, ragam kerupuk lokal seperti kerupuk gabus atau haruan, beragam kacang-kacangan, kerajinan bambu, miniatur tugu dodol, piala, sementara dua pengrajin yang dibawa yaitu Pengrajin Sasirangan, Lina dan Pengrajin Dodol Kandangan, Rusimah.

Dukungan penuh juga datang dari Komunitas Meratus Etnic Handicraft (Metha Craft) Kandangan, yang diketuai Andriyanto Nugroho yang selama ini juga fokus untuk memberdayakan keahlian lokal masyarakat dalam kerajinan tangan yang akan juga ditampilkan di ajang Inacraft 2017 selama lima hari.

Beragam kerajinan tangan dari Metha Craft dari bahan baku bambu yang melimpah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan juga akan ditampilkan dengan corak dan motif yang khas, terkenalnya kerajinan tangan Metha menurutnya, sampai ada pesanan luar negeri berupa sajadah dari bahan eceng gondok yang dapat dipergunakan untuk shalat dan bisa juga untuk pakan ternak Onta.

Incraft 2017, Dekranasda HSS, Bupati HSS, Kominfo HSS, Kandangan, Metha Craft

Pewarta: fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017