Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Setiap datangnya Hari Kartini selalu memberi makna  khusus bagi Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan karena  peringatan hari lahir pahlawan emansipasi wanita Indonesia itu bertepatan dengan hari lahir Ketua TP-PKK Batola Hj Noormiliyani AS SH, yang pada 21 April 2017 genap berusia 58 tahun.

Peringatan Hari Kartini ke-138 tahun 2017  memberikan kado istimewa bagi Hj Noormiliyani karena pada 4 November 2017 nanti 'Kartini Batola' ini akan dilantik menjadi Bupati Batola periode 2017 – 2022, menggantikan sang suami H Hasanuddin Murad yang dua periode genap menjabat.

Peringatan Hari Kartini di Kabupaten Batola dilaksanakan di Aula Selidah Kantor Bupati Batola, Jumat (21/4) siang, dirangkai perayaan hari lahir Ketua TP-PKK Hj Noormiliyani dan Wakil Bupati Batola H Ma’mun Kaderi yang sehari sebelumnya, yakni Kamis 20 April 2017, genap berusia 55 tahun.

Perayaan ultah keduanya pun ditandai pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun yang diserahkan ke masing-masing anak dan pasangan.

Bupati Batola H Hasanuddin Murad mengatakan Hari Kartini memberikan makna luar dalam memperjuangkan kaum perempuan.

"Tokoh perempuan legindaris Indonesia itu berjuang di tengah situasi sulit dan masa-masa penjajahan dalam memperjuangkan emansipasi wanita," ucapnya.

Berkat perjuangan gigih pahlawan emansipasi itu, kata Hasanuddin Murad, hasilnya bisa dirasakan sekarang yang tidak lagi ada pemilahan gender di berbagai bidang, termasuk yang akan dipangku sang isteri Hj Noormiliyani yang akan menjabat Bupati Batola mendatang.

Untuk itu  kepada masyarakat Batola, khusus kaum perempuan, Hasan mengharapkan, agar mendukung kepemimpinan perempuan dalam memberikan pengabdiannya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Sebelumnya, Ketua TP-PKK Batola Hj Noormiliyani menyatakan,  RA Kartini merupakan sosok perempuan yang memberikan insprirasi dan motivasi baginya dalam mengarungi kehidupan.

Isteri Bupati Hasanuddin Murad ini mengatakan, Kartini merupakan perempuan yang taat beragama, tangguh yang tak kenal menyerah dalam memperjuangkan cita-cita luhur kaum perempuan yang sekarang ini dirasakan manfaatnya.

Karena itulah, kepada kaum perempuan sekarang yang hidup dalam situasi yang sudah serba maju dan canggih hendaknya memberdayakan diri belajar dan belajar agar bisa mengimbangi kemajuan yang penuh tantangan.

"Momentum peringatan Hari Kartini ini hendaknya menjadi pelajaran berharga bagi kita untuk bisa menjadi wanita yang tangguh dan bisa memberikan manfaat bagi bagi diri sendiri, keluarga, daerah, bangsa dan negara," katanya.

Peringatan Hari Kartini ke-138 di Batola ini juga dirangkai penyerahan sejumlah hadiah lomba di antaranya lomba azan dan tartil qur’an tingkat SD sederajat, lomba senam lansia, dan lainnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017