Rantau, (Antaranews Kalsel) - Madrasah Aliyah Negeri 1 Tapin Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, memiliki pelayanan kesehatan Posyandu Madrasah yang petama dan satu-satunya di Indonesia.


Lounching Pos Pelayanan Terpadu Madrasah yang diberi nama "Sehat Ceria" langsung dilakukan oleh Ketua Tim Penggerak Pembina Kesehatan Keluarga (TP PKK) Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan saat menmghadiri Milad MAN 1 Tapin ke 39, Rabu (19/4).

Kepala Sekolah (Kepsek) MAN 1 Tapin Hilal Najmi mengatakan dibentuknya Posyandu Madrasah Sehat Ceria ini digunakan untuk melayani anak-anak guru yang bertugas di MAN 1 Tapin sehingga tidak mempunyai waktu untuk membawa anak-anaknya ke Puskesmas terdekat.

"Posyandu ini hadir untuk memberikan ruang bagi-anak-anak bagi dewan guru di sekolah ini untuk menjaga dan mengontrol kesehatan anak-anaknya," ujar Kepsek.

Sementara itu untuk pelayanan kesehatannya, dijelaskan Kepsek pihaknya sudah merkrut tenaga teknis kesehatan lulusan D3 keperawatan yang akan selalu siaga menjaga Posyandu tersebut.

"Iya kita sudah siapkan tenaga kesehatan yang menjaga Posyandu dan UKS sekolah ini dan didamoingi oleh anggota PMR yang ada di sekolah ini," terangnya.

Najmi berharap Posyandu Sehat Ceria bisa terus berkembang dan tidak hanya melayani bagi warga MAN 1 Tapin, tapi juga bisa melayani masyarakat luas yang kebetulan memerlukan perawatan kesehatan bagi anak-anaknya.

"Untuk pelayanan kesehatn sendiri kami sudah melakukan perjanjian dengan Dinas Kesehatan Tapin dalam penyediaan materi dan obat-obatan," jelas Najmi.

Sementara itu dalam wawancaranya, Ketua TP PKK Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan sangat mengapresiasi adanya Posyandu Madrasah di MAN 1 Tapin tersebut.

"Dengan adanya inovasi oleh pihak sekolah ini, tentu sangat inovatif karena ini satu-satunya di Indonesia," ujar Ratna.

Ratna pun berharap dengan adanya Posyandu ini bisa mendukung program-program PKK  dan Dinas Kesehatan untuk mensejahterakan dan menyehatkan masyarkat Tapin.


Pewarta: M Husein Asyari

Editor : Muhammad Husien Asy'ari


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017