Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Banjarmasin menyelenggarakan Lomba Bercerita Tingkat SD, SMP, SMA/Sederajat Se Kota Banjarmasin di Aula Kayuh Baimbai Pemko Banjarmasin, Selasa 18 April 2017.

Hadir pada acara Pembukaan Lomba Bercerita Tingkat SD, SMP, SMA/Sederajat Se Kota Banjarmasin, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs. Hamli Kursani, M.Si, Perwakilan Dinas Perpustakaan dan Arsip Propinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Banjarmasin Drs. H. Akhmad Husaini, MM dan Jajarannya, Para Staf Ahli, SOPD Terkait Pemerintah Kota Banjarmasin, Peserta Lomba Bercerita dan Pendamping.

Lomba Bercerita adalah Program Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Banjarmasin Tahun 2017, dan merupakan even tahunan. Antusias para pelajar tingkat SD, SMP, SMA lebih meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menanamkan sejak dini kegemaran membaca pada anak SD, SMP, SMA/Sederajat, menumbuh kembangkan kegemaran membaca pada anak melalui berbagai bacaan dan media, untuk menanamkan cinta budaya banjar, persatuan dan kesatuan serta nasionalisme.

Kegiatan Lomba Bercerita ini dilaksanakan dari Tanggal 18-20 April 2017, diikuti 109 peserta. Untuk juara Tingkat SD akan mengikuti lomba Tingkat Provinsi dan juara Tingkat Provinsi akan mengikuti lomba Tingkat Nasional. Peserta adalah perwakilan masing-masing sekolah yang ditunjuk oleh Kepala Sekolah. Dewan Juri Lomba Bercerita berasal dari  Dinas Perpustakaan dan Arsip Propinsi Kalimantan Selatan dan Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam sambutan Walikota Banjarmasin yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs. Hamli Kursani, M.Si menyampaikan bahwa menyambut baik dengan adanya kegiatan Lomba Bercerita ini. Akhir-akhir ini terutama anak-anak dari tingkat SMP, SMA, dan bahkan ada beberapa yang kuliah menggunakan permainan di handphone. Teriring harapan melalui kegiatan ini akan menambah dapat  menanamkan rasa kedekatan dan emosional anak, bahwa bercerita ini ternyata membawa inspirasi yang baik kepada anak.

Ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Banjarmasin yang memprakarsai dan melaksanakan lomba ini. 

Sebagai bagian dari upaya Pemerintah Kota Banjarmasin untuk memacu minat baca anak-anak sejak dini. Mudah-mudah kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan tertib serta memberikan manfaat bagi kita semua.

"Kedepannya tidak hanya lomba bercerita Tingkat SD, SMP, SMA tetapi juga ada lomba bercerita Tingkat Dewasa (orang tua), agar bisa menceritakan kepada anak-anaknya", ujar Ibnu Sina.

Sambutan di akhiri dengan Pembukaan Secara Resmi Lomba Bercerita Tingkat SD, SMP, SMA/Sederajat Se Kota Banjarmasin oleh Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin. (Humpro-Bjm)

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017