Barabai, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan, menyerahkan dana hibah dan batuan sosial sebesar Rp3,9 miliar kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) HST, National Paralympic Committe Indonesia (NPCI), Pramuka dan 14 Panti Asuhan.

Bantuan sosial ini diserahkan Bupati HST Abdul Latif di Barabai, Selasa pada saat apel gabungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di halaman kantor Bupati setempat.

"Bantuan sosial ini sesuai harus digunakan sesuai aturan yang ada serta bisa dipertanggungjawabkan untuk bisa mendapatkan bantuan tahap kedua," jelas Abdul.

Untuk tahap pertama bantuan yang direalisasikan hanya 50 persen dengan rincian KONI HST Rp1,5 miliar dan NPCI Rp135 juta serta Kwartir Cabang Pramuka HST hanya Rp50 juta.

Sedangkan untuk panti asuhan bervariasi sesuai kebutuhan dan permohonan pengurus yakni Rp40 juta sampai Rp400 juta.

Khusus kepada KONI, Abdul menekankan agar bantuan hibah bisa dipergunakan dengan sebaik-baiknya dalam rangka persiapan mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di kabupaten Tabalong.

"Prestasi olahraga kita saat ini bisa dibilang cukup terpuruk jadi saya berharap HST bisa bangkit kembali ," tegasnya.

Selain memberikan bantuan dana Pemkab HST juga memberikan fasilitas transportasi berupa bis sekolah untuk operasional Yayasan Gotong Royong Muhajirin Pemangkih.

"Saya berharap, agar bisa dipergunakan dengan sebaik-baiknya dalam rangka meningkatkan pendidikan di Kabupaten HST," harapnya.

Abdul juga mengharapkan peran serta para pengusaha yang tergabung dalam Kadin untuk menyisihkan 2,5 persen dari keuntungan bagi santunan orangtua jompo dan anak yatim dengan perkiraan dana yang terkumpul sekitar Rp670 juta.

Pewarta: M Taufik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017