Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menyadari pembangunan bidang kesehatan berdampak pula bagi pembangunan daerah. Untuk itu pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, melalui  Dinas Kesehatan Tanah Bumbu mengalokasikan dana sebesar Rp.24,2 Milyar pada APBD Tanah Bumbu tahun 2017 untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Alokasi dana  tersebut direncanakan untuk merenovasi dan menambah ruang perawatan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang berada di wilayah Tanah Bumbu. Puskesmas yang akan mendapatkan dana renovasi pada tahun 2017 adalah Puskesmas Pagatan Kecamatan Kusan Hilir, Puskesmas Satui Kecamatan Satui, Puskesmas Sebamban 1 Kecamatan Sungai Loban, dan Puskesmas Darul Azhar Kecamatan Simpang Empat.

Sebelumnya pada tahun 2016 pemerintah daerah sudah  melakukan renovasi dan penambahan ruang perawatan dua Puskesmas, yakni  Puskesmas Lasung dan Puskesmas Teluk Kepayang Kecamatan Kusan Hulu.

Sinergi dengan peningkatan pembangunan sejumlah sarana kesehatan tersebut pemerintah daerah juga meluncurkan program kesehatan gratis demi terwujudnya masyarakat Tanah Bumbu yang sehat dan berkualitas.

Melalui program kesehatan gratis, pemerintah daerah Tanah Bumbu menjamin atau menanggung semua biaya pengobatan masyarakat kurang mampu. Baik dalam hal pelayanan rawat inap, rawat jalan, maupun pelayanan cesar gratis bagi ibu hamil.

Melalui pelayanan kesehatan gratis tersebut, telah terbukti memberikan dampak posistif terhadap turunnya angka kematian bayi dan angka kematian ibu melahirkan.

Pada tahun 2016 angka kematian ibu sebanyak 6 orang dari jumlah kelahiran sebanyak 5,932 ibu melahirkan. Sedangkan jumlah kematian neonal, bayi, dan balita 56 kematian.

Sementara itu, jumlah pasien yang terlayani program kesehatan gratis di RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor pada tahun 2016 tercatat 25.613 pasien terlayani. Dengan rincian 20.693 pasien rawat jalan, 4.595 rawat inap, 209 operasi cesar gratis, dan 126 pasien lainnya.

Secara garis besar, hasil layanan pemerintah di bidang kesehatan telah mampu, menurunkan Angka Kematian Bayi, Menurunkan Angka Kematian Ibu saat Melahirkan, Meningkatkan Angka Harapan Hidup, Terlayaninya pengobatan gratis di Puskesmas dan seluruh tingkatannya, Meningkatkan status kesehatan masyarakat, dan Meningkatnya cakupan imunisasi dasar lengkap bayi.

Disamping berhasil memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu juga berhasil meraih penghargaan dibidang kesehatan dari Pemerintah Pusat berupa, penghargaan Manggala Karya Bhakti Husada (MKBH) Tahun 2015. Penghargaan diberikan karena Tanah Bumbu telah berhasil memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan dibidang kesehatan.

Upaya lebih lanjut dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan Pemerintah Daerah juga melaksanakan program kesehatan berbasis masyarakat (UKBM) seperti Saka Bhakti Husada (SBH), Pencanangan Semua Desa ber PHBS, dan mentargetkan seluruh Posyandu mendapatkan dana operasional untuk peningkatan pembangunan sarana kesehatan di desa melalui Program Satu Milyar Satu Desa yang murni dananya berasal dari APBD Tanbu.

Langkah pembangunan dibidang kesehatan juga didukung dengan program pengadakan kendaraan operasional bagi para bidan dan puskesmas keliling, peningkatan kapasitas tenaga kesehatan melalui beasiswa pendidikan, dan pemberian tunjangan daerah untuk tenaga kesehatan.

Pewarta: Humas/Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017