Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Dinas Perumahan Rakyat (Dispera) Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (KPLH) Hulu Sungai Selatan  menggelar seleksi duta lingkungan  2017.

Kadispera, KPLH HM K Saputra menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan  di bidang perlindungan dan pengelolaan  lingkungan hidup bagi generasi muda dalam memahami permasalahan lingkungan hidup yang semakin kompleks.

Menurut dia, secara khusus kegiatan ini akan memunculkan duta-duta lingkungan yang  akan mengikuti seleksi tingkat  tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dan tingkat Ekoregion Kalimantan.

Adapun persyaratan peserta adalah warga negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Kabupaten HSS, peserta pemilihan adalah pria maupun wanita usia 17-25 tahun, berat badan ideal, tinggi badan wanita 155 cm dan pria 163 cm, foto berwarna seluruh badan 3 R sebanyak dua lembar dan menyerahkan dua lembar fotocopy akte kelahiran.

Sementara untuk ketentuan dan tata tertib peserta antara lain peserta datang sendiri dengan membawa kelengkapan  dan langsung dilakukan pengukuran berat dan tinggi badan, pendaftaran peserta dibuka umum tanggal 7 sampai dengan 25 April 2017 waktu jam kerja dari jam 08.. - 16.00 Wita di Kantor Dispera, KPLH di Jalan Achmad Yani Km. 3 Gambar Luar Kandangan dengan kontak 0517-71216.

"Kepada semua calon peserta akan diundang ke Dinas untuk diadakan pemnbekalan kepada semua calon peserta pemilihan Duta Lingkungan pada tanggalk 27 April 2017 jam 08.00 Wita",ujarnya.

Jadwal seleksi tertulis dan seleksi wawancara akan dilakukan tanggal 3 sampai 4 Mei 2017, pengumuman seleksi tanggal 9 Mei 2017 dan pembekalan kepada finalis dan kunjungan lapangan dilaksanakan tanggal 15 sampai dengan 16 Mei 2017.

Grand Final direncanakan dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2017 dan Berbeda dengan seleksi sebelumnya, di tahun ini akan finalis akan diberikan pembekalan lebih intensif materi Bahasa Inggris untuk mengikuti seleksi di tingkat selanjutnya.

Bagi mereka yang terpilih sebagai pemenang duta lingkungan hidup tingkat  akan mendapat hadiah berupa uang pembinaan, tropy, sertifikat dan bingkisan dari sponsor, sedang untuk nominal hadiah Juara I Rp5 juta, Juara II Rp3 juta dan Juara III Rp2 Juta.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017