Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Panitia Hari Besar Islam Kabupaten Barito Kuala (PHBI Batola), bekerja sama dengan Penguru Masjid Masjid Al-Istiqamah Marabahan dan Pemkab Batola menggelar Peringatan Isra Miraj di Masjid Al-Istiqamah Marabahan, Sabtu (1/4) malam.

Pada pembukaan acara diawali pembacaan Maulid Al-Habsyi dari Group Maulid Azzahra  Kecamatan Cerbon dan  pengajian ayat suci Al-Qur’an oleh Qori terbaik I MTQ tingkat Batola tahun 2016 Alfianor dari Kecamatan Tabukan.

Peringatan Isra Miraj banyak memberi kebaikan bagi masyarakat baik dalam penyadaran, berprilaku, maupun dalam upaya meningkatkan nilai keimanan dan ketaqwaan," ujar Sekretaris Daerah Barito Kuala (Sekdakab Batola) Ir H Supriyono, saat menyampaikan sambutan Bupati H Hasanuddin Murad.

Menurut dia,  pelaksanaan Peringatan Isra Miraj juga sangat baik dalam rangka memperkokoh keyakinan terhadap kerasulan Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil alamin maupun dalam upaya bersama untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Kita berharap melalui peringaran Isra Miraj akan semakin mendorong ketaatan dan istiqamah dalam mengamalkan seluruh ajaran yang telah disampaikan Rasulullah SAW yang diwariskan kepada para ulama sekaligus menjadi syiar bagi tegaknya agama Islam," tutur Supriyono.

Hikmah kebaikan itu, lanjutnya, tergambar dari prilaku Rasulullah SAW untuk bisa dijadikan teladan serta pedoman dalam hidup dan kehidupan guna diterapkan di lingkungan keluarga, masyarakat, maupun bernegara.

Di kesempatan peringatan ini, sekdakab atas nama bupati, menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Batola, khususnya jemaah Mesjid Al-Istiqamah dan warga sekitar atas partisipasi serta dukungan dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Batola Tahun 2017.

Dengan berakhirnya pelaksanaan pilkada, sekdakab mengimbau masyarakat untuk kembali melaksanakan terhadap peran dan fungsi masing-masing dalam menjalankan kehidupan sehari-hari serta mendukung roda pemerintahan dan pembangunan ke depan.

Penceramah KH Ahmad Mulkani dari Kota Banjarmasin dalam ceramahnya mengupas perjalanan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Menurutnya, Nabi Muhammad diturunkan ke dunia sebagai rahmatan lil alamin dan mengagungkan syiar Islam dan dari perjalanan Isra Mi’raj dialami Rasulullah berisi perintah shalat lima waktu yang mewajibkan seluruh kaum muslimin untuk menegakannya.

Dalam ceramahnya, Ahmad Mulkani juga menyinggung pergaulan remaja belakangan ini yang dinilai sudah memprihatinkan, akibat pengaruh narkoba, miras dan obat-obatan berbahaya.

Ahmad Mulkani mengajak, sebagai kaum muslimin untuk menjauhi segala perbuatan yang dilarang Allah dan Rasul demi keselamatan dunia dan akhirat.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017