Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Kantor Perpustakaan Daerah Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan memprogramkan perpustakaan keliling menggunakan mobil untuk memenuhi permintaan masyarakat dan menjangkau daerah terpencil.

Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Tanah Bumbu Mariani melalui Kepala Sub-Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pemberdayaan Pembaca Rusdiana, di Batulicin, Rabu, mengatakan program perpustakaan keliling ini sebenarnya sudah lama dilaksanakan tetapi jumlah kunjungan di beberapa daerah terpencil dan sekolah semakin diperbanyak dibandingkan periode sebelumnya.

"Dalam bulan ini, kami sudah melakukan dua kali kunjungan ke Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Simpang Empat untuk memenuhi permintaan minat baca siswa di sana," katanya.

Selain melakukan kunjungan ke beberapa sekolah dengan membawa beberapa buku untuk dibaca, Kantor Perpustakaan Daerah Tanah Bumbu juga melakukan pendataan dan sosialisasi kepada masyarakat maupun pelajar untuk mendaftarkan diri sebagai anggota perpustakaan daerah ini.

Keuntungan memiliki kartu sebagai anggota perpustakaan daerah bagi anggota tersebut, menurutnya, memiliki kemudahan dalam mencari buku referensi yang dibutuhkan, bisa menikmati fasilitas disediakan, bisa mendapatkan informasi lebih banyak karena perpustakaan menyediakan jasa informasi bagi anggota yang memerlukannya.

Saat ini Kantor Perpustakan Tanah Bumbu hanya memiliki satu unit mobil perpustakann keliling untuk cakupan wilayah seluruh kecamatan di Kabupaten "Bumi Bersujud".

"Sementara ini untuk memenuhi kebutuhan dan minat baca, kami menyediakan empat unit pelayanan perpustakaan di kecamatan, yakni di Kecamatan Mentewe, Simpang Empat, Batulicin, dan Kecamatan Kusan Hilir untuk menjangkau para peminat bacaan dari perpustakaan daerah," katanya lagi.

Kantor Perpustakaan Daerah Tanah Bumbu menyediakan buku ilmu murni atau ilmu umum, ilmu terapan, ilmu sosial, ilmu agama, kesastraan, Fisika, Geografi, kesehatan dan olahraga.

Kepala SMPN 4 Simpang Empat Marwanto melalui Guru Bimbingan Konseling Mariono menambahkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Kontor Perpustakaan Daerah Tanah Bumbu yang sudah merespon atas permintaan kunjungan perpustakaan keliling ke sekolahnya.

"Sebelumnya kami belum pernah mendapatkan kunjungan perpustakaan, akan tetapi dengan adanya permintaan itu, kami mendapatkan kunjungan perpustakaan keliling secara rutin," katanya pula.

Ke depan dengan adanya program perpustakaan keliling mampu memberikan dampak lebih baik bagi semua guru dan para siswa yang ada di SMPN 4 Simpang Empat, kata dia lagi.

Selain itu, diharapkan pemerintah daerah melalui dinas terkait juga bisa memberikan bantuan kepada SMPN 4 Simpamg empat berupa buku untuk melengkapi perpustakaan di SMPN 4 Simpang Empat yang masih minim.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017