Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani menghadiri sekaligus membuka Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA)  yang diadakan oleh  Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru dengan TP PKK Kota Banjarbaru di Aula Gawi Sabarataan Kota Banjarbaru, Senin (20/3). 

Dihadiri Ketua GOW, Ketua Gatriwara, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Banjarbaru, Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru serta ibu-ibu peserta Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) se-Kota Banjarbaru.

Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru Ir Muhammad Rustam menyampaikan bahwa Tujuan  diselenggarakannya Lomba  Cipta  Menu Beragam, (B2SA Berbasis  Sumber Daya Lokal adalah  untuk: Meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA untuk meningkatkan kualitas hidupnya. 

Mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat pada umumnya dan ibu rumah tangga khususnya dalam  memilih, menentukan,  menyusun, dan menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal. Membangun  budaya keluarga  untuk mengonsumsi  aneka  menu makanan B2SA untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari, dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada di sekitar rumah (pekarangan).

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani mengatakan bahwa setiap individu pasti membutuhkan pangan yang berkualitas untuk dapat hidup sehat, aktif dan produktif. Konsumsi pangan yang berkualitas dapat diwujudkan apabila makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung zat gizi lengkap dengan jumlah yang berimbang antar kelompok pangan, serta memperhatikan cita rasa, daya cerna, daya terima dan daya beli masyarakat. Pola konsumsi pangan sehat tersebut dikenal dengan istilah pangan B2SA.

Implementasi konsumsi pangan yang memenuhi prinsip B2SA dalam keluarga dilakukan melalui pemilihan bahan pangan dan penyusunan menu. Kualitas konsumsi dipengaruhi oleh keragaman jenis pangan yang dikonsumsi. Pengetahuan akan pentingnya konsumsi pangan B2SA tersebut perlu disosialisasikan sampai pada tingkat terkecil dalam kelompok masyarakat, yaitu keluarga. 

Didalam suatu keluarga, ibu yang berperan sebagai penentu dan penyedia menu keluarga dan memegang peranan penting terhadap kualitas konsumsi pangan setiap individu dalam keluarganya.

Saat ini pemerintah sedang menggalakkan pemenuhan gizi yang lengkap dan seimbang melalui menu makanan yang B2SA bagi keluarga terutama anak-anak. Menu B2SA adalah aneka ragam bahan pangan (sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral) yang dikonsumsi dalam jumlah seimbang untuk memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan serta tidak tercemar bahan berbahaya seperti pestisida. 

Lomba cipta menu B2SA ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan  B2SA, dan pemahaman masyarakat dalam penerapan prinsip B2SA serta mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan dan menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal.

Tentunya ini sekaligus dapat menjadi sarana bagi kita semua, tidak hanya ibu-ibu Tim Penggerak PKK di Kelurahan dan Kecamatan tetapi ibu-ibu rumah tangga/masyarakat agar dapat menyatukan komitmen dan pemahaman tentang menu B2SA. 

Dan diharapkan kedepannya ibu-ibu/masyarakat Kota Banjarbaru dapat mengaplikasikan variasi menu yang dibuat melalui peran ibu-ibu Tim Penggerak PKK sampai tingkat rumah tangga sehingga keluarga dapat hidup sehat, aktif, dan produktif dengan menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman.

Pada kesempatan itu Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani juga melakukan penilaian hasil olahan Lomba  Cipta  Menu B2SA Berbasis Sumber Daya Lokal.

Dan keluar sebagai juara pada Lomba  Cipta  Menu B2SA Berbasis   Sumber Daya Lokal, harapan III Kelurahan Mentaos, harapan II Kelurahan Sungai Tiung, Harapan I Kelurahan Guntung Manggis, Juara III Kelurahan Sungai Besar, Juara II Kelurahan Loktabat Utara dan yang meraih Juara I Kelurahan Sungai Ulin Banjarbaru serta mewakili tingkat kota untuk Lomba  Cipta  Menu B2SA Berbasis Sumber Daya Lokal di tingkat Provinsi Kalsel.

Hadiah diserahkan oleh Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani dan Ketua GOW, Ketua Gatriwara, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Banjarbaru.(uviek/hms/f)
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017