Barabai, (AntaraNews Kalsel) - Pernyataan tersebut disampaikan Plt.Sekda HST H Akhmad Tamzil pada saat membuka secara resmi Pelatihan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Sistem Rencana Umum Pengadaan Barang dan Jasa (SIRUP) yang dilaksanakan oleh Bagian Administrasi Pembangunan Setda HST dengan sasaran Kelompok Kerja (POKJA) Unit Layanan Pengadaan (ULP) yang ada di wilayah Kabupaten HST bertempat di Auditorium Pemkab HST Rabu (15/03).


Akhmad Tamzil mengharapkan, dengan kegiatan ini semua ASN yang tergabung dalam Pokja ULP Kabupaten HST minimal memiliki pengetahuan tentang Proses Lelang Cepat melalui Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) dan Pengenalan SPSE Versi 4.

"Melalui Bimtek ini diharapkan para peserta mampu menjawab dan menjelaskan kepada masyarakat luas tentang bagaimana teknis proses pengadaan barang dan jasa pemerintah melalui (SPSE) terutama kepada pengguna, penyedia dan panitia pengadaan,"katanya

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda HST, Elvan Robiansyah, dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk pengenalan  untuk memahami proses pengadaaan barang/jasa secara elektronik.

"Kegiatan ini bertujuan agar para ASN dapat berpartisipasi dalam pengadaan barang dan jasa yang efektif, efisien, transparansi dan memberikan kesempatan kepada penyedia seluas luasnya serta meminimalisir penyimpangan yang terjadi pada proses pengadaan barang jasa secara elektronik,"ungkapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan oleh Narasumber M Harli dari Tim SPSE Pusat yang menjelaskan pengenalan  SPSE Versi 4 tahun 2017 dengan sistem terbaru yang semakin mempermudah dalam hal melakukan e-tendering. dengan berbagai fitur yang sudah Terasosiasi dengan e-RUP/SiRUP LKPP, dokumen Lelang dibuat secara elektronik melalui aplikasi SPSE, dan Syarat penawaran sudah tersedia (terperinci) pada aplikasi. 

"Fitur juga Menggunakan APENDO Ver.4 dengan Proses enkripsi dilakukan oleh sistem dan untuk proses penawaran dikirim dengan mengisi form atau upload dokumen melalui Apendo, untuk 
Harga penawaran peserta akan tampil otomatis di aplikasi dan yang terpenting Aplikasi SPSE ini sudah menginformasikan secara terperinci hasil evaluasi," katanya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Muhammad Taufikurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017