Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalsel, memberiman peyuluhan hukum kepada 200 pelajar di wilayah Kota Martapura, Kabupaten Banjar.


Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Imam Suyudi di Martapura, Selasa, mengatakan penyuluhan hukum yang diberikan itu berkaitan tentang menumbuhkan udaya toleransi di kalangan pelajar dan hindari penyalahgunaan narkotika.

Dia mengatakan, kegiatan penyuluhan hukum ini dikemas dalam format edutainment yang diisi dengan orasi, dialog dan penampilan musik.

Kemasan edutainment sengaja dipilih dengan harapan agar pemahaman hukum, penanaman kesadaran dan ketaatan terhadap hukum bagi pelajar akan mudah diterima dan dicerna serta lebih menghibur.

Terus dikatakannya, Hukum bukanlah sesuatu yang memusingkan namun hukum akan membuat hidup terasa nyaman dan aman ketika dipahami dan ditaati.

Sementara itu Bupatib Banjar KH Khalilurahman dalam acara tersebut mengatakan pencerahan hukum menjadi satu keharusan agar terciptanya pemahaman yang baik karena itu kesadaran hukum yang baik akan melahirkan ketaatan hukum.

Mapping atau pemetaan tentang permasalahan hukum di Kalsel yang dilakukan Kanwil Kemenkumham pada Tahun 2015-2016 diperoleh hasil yaitu tingginya angka kasus penyalahgunaan narkoba, tentu harus menjadi perhatian karena hal tersebut bila tidak teratasi dapat menghancurkan masa depan bangsa.

"Dengan adanya kegiatan penyuluhan hukum ini maka para generasi muda bangsa sudah paham dan mengerti sejak dini sehingga ke depannya mereka tidak akan melanggar ataupun melawan hukum," tuturnya.

Kegiatan penyuluhan hukun itu dilakukan pada Selasa pagi, bertempat di Auditorium Sultan Sulaiman Martapura, dab diikuti sebanyak 200 orang pelajar.

Dalam acara tersebut hadir juga Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil yaitu Kepala Divisi Administrasi Kemas HZ, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Unan Pribadi, Kepala Divisi Keimigrasian Yosep H.R Widodo, Kepala Divisi Pemasyarakatan Anas Saeful Anwar serta Para Kepala UPT Pemasyarakatan dan Para Pejabat SKPD di lingkungan Kabupaten Banjar.

Acara tersebut juga dimeriahkan seni tari dan band oleh Warga Binaan LPKA Martapura, Orasi Tentang Toleransi dan Narkoba oleh SMAN 1 Martapura dengan Band Penggiring SMAN 1 Gambut.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017