Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, membina ratusan organisasi masyarakat (Ormas) untuk mewujudkan rasa kedamaian dan ketentraman di wilayah "Bumi Bersujud".

Kepala Kesbangpol Tanah Bumbu Darmiadi di Batulicin, Senin mengatakan pembinaan ormas juga diiisi kegiatan sosialisasi penyalahgunaan narkoba, radikalisme dan terorisme serta aktif mensosialisasikan dana hibah pemerintah daerah kepada ormas di Tanah Bumbu.

"Selain melakukan kegiatan sosialisasi kami juga selalu mengajak kepada para ormas untuk melakukan kegiatan yang bergerak di bidang sosial, agama, dan politik," katanya.

Kegiatan tersebut dilakukan demi terciptanya kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat, dan bernegara, saling menumbuhkan rasa toleransi sesama kelompok masyarakat.

Dalam mewujudkan terciptanya kesepahaman dengan jumlah ormas yang relatif besar, pemerintah daerah juga melakukan pembinaan secara konsisten dengan ormas-ormas tersebut, hal ini dibuktikan dengan kondisi Kabupaten Tanah bumbu yang relatif damai dan tidak ada konflik yang bergejolak.

Demi mempertahankan kondisi yang damai dan tentram di wilayah "Bumi Bersujud" pada 2017 Kesbangpol akan rutin melakukan sosialisasi ke sejumlah organisasi dan kelompok masyarakat, serta sosialisasi terus dilakukan agar masyarakat benar-benar memahami makna toleransi.

Sedangkan untuk kegiatan pembinaan terhadap ormas yang baru mendaftarkan ke Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kesbangpol akan memastikan eksistensi ormas tersebut dan melakukan peninjauan ke kantor sekretariat ormas tersebut.

Saat ini ormas yang tercatat di wilayah Tanah Bumbu sebanyak 259 ormas, dimana dari 259 tersebut yang masih aktif sebanyak 244 ormas, dan 15 ormas sudah tidak aktif lagi.

"Ormas yang masih aktif tersebut terdiri dari organisasi keagamaan, sosial kemasyarakatan, seni budaya, pendidikan, kesehatan, pariwisata, olahraga, dan politik, organisasi di bidang jurnalistik, kelompok veteran, organisasi wanita, kepemudaan, dan organisasi mahasiswa," katanya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017