Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Bidang Persandian dan Statistik menggelar kegiatan pendampingan penerapan Tanda Tangan Elektronik (TTE) dengan sertifikat elektronik BSrE.

"Pendampingan ini merupakan upaya kita dalam meningkatkan keterampilan pengelolaan, dan pembuatan surat elektronik yang terjamin keamanannya," kata Kepala Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo Nani Yuniarty, mengutip pers rilis Diskominfo HSS, Kandangan, Rabu.

Baca juga: Pemkab HSS gelar bimtek penyusunan proses bisnis dan arsitektur SPBE

Dijelaskan Nani, kegiatan ini bertujuan untuk memastikan implementasi tanda tangan elektronik di lingkungan pemerintah dapat terlaksana dengan baik.

Diharapkan pula nantinya akan mampu menjamin kerahasiaan, keutuhan, ketersediaan, keaslian, dan kenirsangkalan surat-surat elektronik yang digunakan dalam administrasi pemerintahan.

"Hari ini kami akan mendampingi dalam pembuatan surat elektronik, tapi sebelumnya akan kami sampaikan beberapa hal mengenai apa yang boleh, dan tidak boleh dilakukan dalam pembuatan surat elektronik," terangnya.

Baca juga: Diskominfo HSS gelar pendampingan input Platform Indonesia Data Hub

Dengan pendampingan ini, para peserta yang terdiri dari 15 perwakilan Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten HSS, akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan TTE yang sesuai dengan standar keamanan digital yang telah ditetapkan.

Ditambahkan dia, sertifikat elektronik sebagai penjamin keabsahan dokumen juga menjadi poin penting dalam pelatihan ini, dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien berbasis teknologi di HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024