Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Winarto mengharapkan agar deklarasi yang diikrarkan bersama-sama menjadi komitmen, dalam mewujudkan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang damai dan sejuk di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Hal ini disampaikan kapolda dalam sambutan deklarasi damai pilkada yang digelar Polda Kalsel, mengambil tempat di pendopo kabupaten setempat, di mana deklarasi diikrarkan tiga pasangan calon (calon) yang berkompetisi dalam pilkada di HSS, serta penyelenggara pemilu.

"Seluruh penyelenggara maupun para paslon sebagai peserta di Kabupaten HSS, telah bersama-sama menyatakan komitmen melaksanakan pilkada secara damai," kata kapolda, mengutip pers rilis Humas Polres HSS, di Kandangan, Rabu.

Kapolda berharap kegiatan ini bukan seremonial belaka, tetapi ini merupakan janji bersama untuk dapat bersama-sama melaksanakan tahapan-tahapan pilkada secara damai.

Baca juga: Polres HSS gelar pasukan Operasi Mantap Praja Intan 2024

Begitupun suasana aman dan kondusif saat ini, dengan digelar deklarasi juga akan terasa makin damai dan sejuk sampai pilkada selesai nantinya.

Ia menuturkan, menjadi harapan semua pihak agar pilkada tersebut, khususnya di Kabupaten HSS akan menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakat.

Adapun, Calon Bupati (Cabup) HSS nomor urut 1 Hermansyah mendukung deklarasi dan berharap pilkada berlangsung dengan baik, nantinya semuanya bisa menerima semua hasil yang ditetapkan penyelenggara.

Sementara itu, cabup nomor urut 2 Ja'far mengakui memang saat ini tensi politik sedikit sudah terasa hangat di tingkat bawah. 

"Kita merasakan tensi mulai menghangat, sebenarnya dari bawah, kami di atas biasa saja," ujarnya.

Setelah deklarasi ini, pihaknya berkeinginan bisa meredakan situasi tersbeut, dan mengimbau para simpatisan tidak ada lagi bahasa yang menjatuhkan paslon lain.

Baca juga: Bawaslu HSS gelar penguatan kapasitas kehumasan panwaslu kecamatan

Hal senada, Paslon nomor urut 3 Syafruddin Noor yang berharap pilkada berlangsung secara damai, aman, serta masing-masing menerima hasil yang ditetapkan.

"Kami berpesan kepada pendukung, agar tidak menjelek-jelekkan paslon lain, supaya suasana aman dan damai, serta kami dari paslon berteman dan bersahabat," ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, seluruh penyelenggara dan peserta Pilkada di Kabupaten HSS mengucap ikrar deklarasi Pilkada Damai.

Pengucapan dipimpin Komisioner KPU Kabupaten HSS, didampingi Ketua Bawaslu HSS, serta masing-masing paslon (calon bupati-calon wakil bupati).

Deklarasi dihadiri dan disaksikan kapolda, Ketua Bawaslu Kalsel, Penjabat Bupati HSS Endri, Kapolres HSS AKBP Muhammad Yakin Rusdi, dan unsur forkopimda, serta para pengurus partai politik di HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024