Salah satu penerima bantuan operasi katarak gratis Supeno (65) warga Kelurahan Mabuun Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong, Kalimatan Selatan menyampaikan testimoninya.

Selama enam bulan lebih mata kanan pensiunan TNI ini  mengalami gangguan penglihatan sehingga aktifitas sehari-harinya terganggu.

"Operasi gratis ini jadi harapan baru bagi saya untuk bisa melihat normal kembali," ungkap Supeno  saat seremoni operasi katarak gratis di Tabalong, Senin.

Selain Supeno ratusan warga Kabupaten Tabalong nantinya menjadi sasaran program yang merupakan salah satu tanggungjawab sosial perusahaan guna mendukung peningkatan kualitas kesehatan mata

Program Adaro Aksa Terang yang diinisiasi PT Adaro Indonesia, PT Saptaindra Sejati dan PT Makmur Sejahtera Wisesa tahun ini menargetkan 124 mata termasuk bantuan kacamata refraksi dan pemeriksaan kesehatan.

CSR Section Head PT Adaro Indonesia, Firmansyah mengatakan bantuan ini 
 bentuk kepedulian Adaro  terhadap kesehatan masyarakat, khususnya dalam hal pencegahan dan penanganan gangguan penglihatan.

"Operasi katarak gratis ini merupakan wujud kebersamaan perusahaan  dengan masyarakat yang dikemas melalui program CSR bidang kesehatan," ungkap Firmansyah.

Dengan harapan  masyarakat dapat merasakan manfaat keberadaan perusahaan yang beroperasional di "Bumi Saraba Kawa'" ini.

Penjabat Bupati Tabalong Hamida Munawarah bersama Forkopimda dan jajaran Adaro serta mitra kerja hadir pada seremoni operasi katarak gratis di Puskesmas Tanta. 
Penjabat Bupati Tabalong Hamida Munawarah bersama Forkopimda dan jajaran Adaro serta mitra kerja pada seremoni operasi katarak gratis di Puskesmas Tanta, Senin. (ANTARA/Herlina Lasmianti)


Selaku Ketua Pelaksana In Yatun Nisa menyampaikan target pemeriksaan mata sebanyak 372 calon pasien, operasi 124 pasien dan bantuan  340 kacamata.

Sasaran program ungkap Nisa diutamakan anak usia sekolah (SD, SMP, SMA) dengan kelainan refraksi yang tidak mempunyai fasilitas BPJS,  masyarakat produktif yang kurang mampu dan  penduduk usia produktif dengan kelainan refraksi yang tidak mempunyai fasilitas BPJS.

Penjabat Bupati Tabalong Hamida Munawarah menyampaikan  apresiasi yang sebesar-besarnya kepada PT Adaro Indonesia, PT Saptaindra Sejati, dan PT Makmur Sejahtera Wisesa yang  berinisiatif dan bekerja sama dalam menyelenggarakan kegiatan sosial ini.

"Pemerintah daerah terus  berkomitmen untuk  mendukung program-program yang berorientasi pada peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat," jelas Hamida. 

Selanjutnya kerja sama ini  bukti nyata sinergi antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat dalam mewujudkan masyarakat Tabalong yang lebih sehat dan sejahtera.
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024