Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Zulkifli menyampaikan agar momentum peringatan Hari Santri Nasional (HSN) dapat menjadi ajang silaturahmi dan mengembangkan minat dan bakat mereka.

Hal ini disampaikan Zulkifli saat membuka rangkaian peringatan HSN tingkat kabupaten yang diisi dengan berbagai lomba dan kompetisi antar santri, di Pondok Pesantren Al Baladul Amin Desa Mandala, Kecamatan Telaga Langsat.

"Kami berharap dari kegiatan ini dapat menjadi momentum bagi para santri kita di daerah, menjalin silaturahmi serta menjadi media pengembangan minat dan bakat mereka," katanya dalam sambutan pembukaan, Sabtu.


Baca juga: Pemkab HSS dorong penguatan mental dan spiritual ASN

Dijelaskan dia, terkait tema peringatan HSN tahun ini adalah "Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan", dari tema tersebut memiliki makna mendalam, untuk melanjutkan semangat juang para santri dan ulama terdahulu yang turut membela bangsa Indonesia.

Meskipun tantangan yang dihadapi santri di masa kini berbeda, semangat juang tersebut dianggap masih relevan, di mana santri kini diharapkan mampu menaklukkan dan beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Ia juga berharap agar para santri dapat memahami makna tema tersebut dengan baik. Dengan begitu, mereka akan termotivasi untuk terus melanjutkan semangat juang tersebut hingga ke generasi berikutnya.

Baca juga: Pj Bupati HSS buka ta'aruf studi kampus dan almamater STEBI KHAS

"Melalui rangkaian kegiatan ini, diharapkan menjadi ajang pembuktian bahwa santri tidak hanya sebatas mampu membaca kitab kuning, tetapi juga bisa berkarya dan berkreasi sebagaimana remaja lainnya," terangnya.

Adapun berbagai perlombaan yang diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan ini antara lain pertandingan voli, musabaqah qiraatul kutub, kaligrafi, cerdas cermat, pidato tiga bahasa, serta bulu tangkis untuk kategori putra putri dan perlombaan lainnya.

Turut berhadir pada pembukaan, Pimpinan Ponpes Al Baladul Amin Ustadz Fakhmi Zarkasyi, Ketua MUI HSS, perwakilan Kantor Kemenag .HSS,Kabag Kesra Setda HSS, Camat Telaga Langsat, perwakilan Forkopimda HSS,serta para santri Ponpes se-Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024