Pembina Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (IKAWATI ATR/BPN), Annisa Pohan Yudhoyono meresmikan ATR Daycare di Kementerian ATR/BPN, Jakarta pada Rabu (16/10).

Secara bersamaan, ATR Daycare di Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Sulawesi Selatan juga diresmikan secara daring.

“Saya itu sangat concern kepada perempuan. Dan peran perempuan itu sangat crucial. Kita sebagai ibu, sebagai istri, apalagi kalau kita juga bekerja sebagai karyawati itu perannya sangat beragam. Saya berharap IKAWATI yang memang bekerja sebagai karyawati di ATR/BPN bisa berkurang beban pikiran, beban tenaga mereka. Dengan adanya ATR Daycare, bisa membawa anak-anak mereka datang ke sini pagi, sore pulang bareng ke rumah, jadi perasaan bisa lebih tenang,” ujar Pembina IKAWATI ATR/BPN.

Pembangunan ATR Daycare sendiri merujuk amanat UU No 35/2014 dan UU No 24/2014 dengan tujuan memenuhi hak ibu bekerja untuk melakukan pengasuhan anak dan pemenuhan hak anak untuk mendapatkan pengasuhan yang layak, aman, nyaman, terlindungi. ATR juga merupakan kepanjangan dari Akhlak, Toleransi, Rendah hati.

 “Diharapkan anak-anak yang diasuh di ATR Daycare akan memiliki akhlak yang baik, bertoleransi dengan sesama, dan bersifat rendah hati,” ucap Annisa Pohan Yudhoyono.

Secara simbolis, Pembina IKAWATI ATR/BPN menyerahkan kunci gedung ATR Daycare kepada Kepala Biro Umum Kementerian ATR/BPN yang pada hari ini diwakili oleh Kepala Bagian Rumah Tangga, Rina Dwi Astuti.

 Ialah pihak yang ke depannya dapat membantu fasilitas ATR Daycare serta dalam pengasuhan anak karyawan dan karyawati di lingkungan Kementerian ATR/BPN.

Pada hari yang sama, dilaksanakan juga pemeriksaan kesehatan dan IVA test sebagai rangkaian acara Hari Agraria dan Tata Ruang (HANTARU) 2024. Penyelenggaraan pemeriksaan kesehatan ini bekerja sama dengan Puskesmas Kebayoran Baru.

“Sebagian besar masalah kesehatan yang serius dapat dicegah dan diobati sejak dini kalau melakukan pemeriksaan rutin dan mendeteksinya secara dini. Untuk itu saya terus mengimbau dan mengajak Ibu-ibu semua, tidak hanya hari ini tapi setelah hari ini kita bisa terus rutin memeriksakan kesehatan,” ujar Pembina IKAWATI ATR/BPN.

Menurut laporan Ketua Bidang Sosial IKAWATI ATR/BPN, Lina Budi Situmorang, sebanyak 650 orang telah melakukan tes kesehatan dan sebanyak 110 orang telah melakukan IVA test. Untuk kegiatan hari ini sendiri, peserta yang akan mengikuti IVA test sebanyak 58 orang.

Turut mengikuti acara ini, Wakil Pembina IKAWATI ATR/BPN, Nurlaili Raja Juli Antoni; Ketua IKAWATI ATR/BPN, Dian Suyus; Pengurus Pusat IKAWATI ATR/BPN; serta Praktisi Bidang Kesejahteraan Anak dari NTO Internasional, Novita Tandri.
Pembina Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (IKAWATI ATR/BPN), Annisa Pohan Yudhoyono meresmikan ATR Daycare di Kementerian ATR/BPN. (ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024