Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Dinas Kesatuan kebangsaan dan politik (Kesbangpol) Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan memfasilitasi terbentuknya tim  perhitungan cepat atau quick qount agar bisa memberikan informasi perkembangan penghitungan suara Pilkada 2017 kepada masyarakat. 


Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesbangpol Khatria Wardhoni di Amuntai, Rabu mengatakan, pihaknya telah membentuk tim pemantau hasil penghitungan suara untuk membantu masyarakat mengetahui dengan cepat dan akurat hasil penghitungan suara Pilkada.

"Kegiatan hitung cepat yang difasilitasi oleh pemerintah daerah ini sudah sesuai dengan Undang-Undang pemilu dan peraturan KPU dalam rangka menyajikan data hasil hitung cepat yang objektif serta tidak memihak salah satu pasangan calon," ujar Khatria.

Khatria mengatakan, pengolahan data hitung cepat oleh tim pengawas dan pemantau Pilkada yang berada di Mess Negara Dipa Amuntai ini berdasarkan data hasil penghitungan TPS di kecamatan yang disampaikan oleh pejabat camat setempat.

Selanjutnya, kata Khatria, data hasil hitung di TPS ini akan dihitung kembali secara lebih rinci pada malam hari sehingga diperkirakan pada Rabu pukul 23.00 wita sudah diketahui hasil hitung cepat Pilkada HSU 2017.

Meski demikian hasil penghitungan resmi Pilkada serentak di kabupaten HSU tetap mengacu pada penghitungan hasil perolehan suara di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten HSU.

Informasi dari petugas hitung cepat di sebagian besar TPS, pasangan petahana Abdul Wahid -Husairi Abdi selalu unggul 50 persen dan mengungguli lawan pasangannya di 10 wilayah kecamatan.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017