Polresta Banjarmasin, Polda Kalimantan Selatan secara masif menyampaikan pesan Pilkada 2024 agar tetap aman, damai dan sejuk kepada masyarakat secara "door to door" atau menyambangi pintu rumah warga ke pintu rumah warga lainnya.

"Setiap hari saya instruksikan personel Bhabinkamtibmas secara door to door menyambangi rumah warga sampai pelaksanaan pencoblosan," jelas Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Cuncun Kurniadi di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Polresta Banjarmasin pastikan keamanan logistik Pilkada

Cuncun mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan mengajak semua lapisan masyarakat berkontribusi dan secara bersama-sama saling menjaga situasi yang aman, damai dan sejuk selama pelaksanaan tahapan Pilkada Kota Banjarmasin.

Bukan hanya itu, kegiatan yang dilakukan oleh personel Bhabinkamtibmas ini diharapkan dapat mencegah terjadi potensi konflik dan memastikan pilkada berlangsung dalam suasana yang damai.

"Ini sangat efektif dan langsung menyentuh semua lapisan masyarakat. Berbeda pilihan itu sah-sah saja dan yang terpenting tetap menjaga kerukunan dan persatuan, " tutur Kapolresta Banjarmasin.

Baca juga: Kapolresta Banjarmasin jamin keamanan pendaftaran calon kepala daerah

Sementara itu salah satu personel Bhabinkamtibmas Bripka Ade Apriadi mengatakan langkah yang dilakukan yaitu memberikan pemahaman mengenai pentingnya menggunakan hak pilih dengan bijak dan menghindari penyebaran berita hoaks yang kerap muncul saat pemilu.

"Alhamdulillah apa yang kami laksanakan mendapat respon positif dari masyarakat dan apabila mengetahui ada hal-hal yang berpotensi mengganggu kamtibmas, mereka akan berperan aktif melaporkan kepada kami," jelas Bhabinkamtibmas yang bertugas di Kelurahan Kelayan Luar, Kecamatan Banjarmasin Tengah itu.

Baca juga: Kapolresta Banjarmasin tingkatkan patroli jelang Pilkada 2024
 

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024