Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Keadaan rumah Juriah sebelum mendapat program Bedah Rumah dari kerjasama TP PKK Kalsel, Kota Bajarmasin dan CSR Bank Kalsel sangatlah memprihatinkan dan tidak layak ditingali.

Dikala hujan dirinya harus sibuk meletakan embar di beberapa bagian lantai rumah karena atapnya yang sudah banyak berlubang. Belum lagi lantai yang rapuh di sana-sini sehingga tamu berpostur gemuk enggan masuk karena takut terperosok, dinding yang juga berlubang hingga halaman rusak yang becek.

Namun kini suasana tersebut telah berubah nyaman setelah rumah Juriah mendapat manfaat program Bedah Rumah yang digelar TP PKK Kalsel dan Banjarmasin serta CSR Bank Kalsel.

"Alhamdulillah sekarang rumah yang kami tinggali sudah nyaman, tidak bocor dan lapuk," kata Juriah, kader PKK kota Banjarmasin.

Program Bedah Rumah yang di gelar TP PKK Kalsel dan Banjarmasin serta CSR Bank Kalsel menyalurkan Rp.40 juta untuk satu rumah, dimana di Banjarmasin terdapat dua rumah yang menjadi sasaran program yaitu rumah Juriah di Jalan Antasan Kecil Timur Rt.16 dan Yuli di Jl. Keramat Raya Gang Nyiur RT.4.

Seperti juga Juriah, kondisi rumah juga sama memperihatinkannya. Atap, lantai dan dinding rumah sudah mengalami kelapukan dan berlubang.

"Bersyukur dan terima kasih rumah kami telah dibangunkan," kata Yuli, honorer Biro Umum yang diperbantukan di TP PKK Kalsel.

Program Bedah Rumah yang digelar tidak hanya merenovasi bangunan menjadi layak huni tetapi juga mevisualisasikan HATI PKK yaitu Halaman Asri Teratur dan Indah.

"Bedah Rumah ini tidak sekedar membangunkan rumahnya tetapi juga tampilnya HATI PKK yaitu Halaman Asri, Teratur dan Indah," kata Ketua TP PKK Banjarmasin, Siti Wasilah.

Selain renovasi rumah hingga halaman,program Bedah Rumah juga membangun taman tanaman obat dan budidaya jamur tiram untuk penerima manfaat. 

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Herry Murdy Hernawam


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017