Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapin Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memperkuat peran Posyandu dan Forum Germas sebagai upaya meningkatkan taraf kesehatan masyarakat pedesaan.

“Kami menggelar rapat koordinasi bidang kesehatan. Kami menilai Posyandu dan Forum Germas memiliki peran strategis untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya pola hidup yang sehat,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Tapin M Sufiansyah di Rantau, Tapin, Kamis.

Baca juga: Tapin upayakan jadi penghasil padi nomor satu di Kalsel penyangga IKN

Dia menjelaskan dalam pertemuan itu, membahas berbagai program strategis serta informasi penting untuk disampaikan kepada masyarakat, dan nantinya program-program Posyandu dan Forum Germas dapat dilaksanakan sesuai yang diharapkan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

“Forum Germas dan Posyandu menjadi sarana yang tepat untuk menjembatani pemerintah daerah bersinergi dengan masyarakat dalam melaksanakan berbagai program kesehatan,” ucapnya.

Sufiansyah menekankan, pemerintah daerah berkomitmen untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui forum Germas dan Posyandu, hal yang penting adalah untuk mengubah pola hidup masyarakat menjadi lebih sehat.

Baca juga: Tapin bangun MPP mini di kecamatan perluas akses layanan publik

Oleh karena itu, dia mengajak para pihak untuk berkolaborasi mengoptimalkan peran Posyandu dan Forum Germas sebagai garda terdepan dalam pelayanan kesehatan dasar, memberikan layanan komprehensif bagi ibu hamil, bayi, balita, lansia, dan pelayanan lainnya.

Menurut dia, dengan tata kelola Posyandu dan Forum Germas yang lebih optimal, pelayanan kesehatan dapat lebih maksimal diterima oleh masyarakat sehingga tercipta sumber daya manusia (SDM) yang tangguh.

“Bersama-sama kolaborasi agar tujuan kita untuk menciptakan masyarakat Tapin yang sehat dan sejahtera dapat terwujud sepenuhnya,” ujar Sufiansyah.

Baca juga: Rutan Rantau tingkatkan kesiagaan kebakaran untuk keselamatan warga binaan

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang/M Rastaferian Pasya

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024