Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan memberikan pelatihan Public Speaking (berbicara di depan umum) kepada sejumlah aparatur sipil negara dan pegawai lingkup pemerintah kota setempat.
 
Pelatihan diselenggarakan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Banjarbaru diikuti ASN dan pegawai dari SKPD pada kegiatan di Aula Gawi Sabarataan Banjarbaru, Selasa.

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham hadiri pelatihan dasar Kemiliteran Komponen Cadangan Matra Darat
 
"Tujuan kegiatan, meningkatkan kualitas pelayanan publik terutama bagi aparatur yang diberikan tugas melayani masyarakat sehingga mereka puas," ujar Kepala BKPSDM Banjarbaru Gustafa Yandi.
 
Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin diwakili Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Sri Lailana menekankan pentingnya keterampilan public speaking bagi pemimpin maupun pegawai.
 
Dijelaskan, kemampuan berbicara di depan umum dilakukan agar dapat  berkomunikasi dengan masyarakat secara baik, terstruktur, menarik, dan mudah dipahami sehingga seluruh pihak dapat menerimanya.
 
"Public speaking bukan sekedar keterampilan berbicara di depan umum, tetapi juga merupakan alat sangat penting untuk menyampaikan visi, misi, dan program kerja kepada masyarakat," ucapnya.
 
Dikatakan, bimbingan teknis itu dilakukan dengan membekali setiap peserta agar kemampuan berbicara lebih efektif, menyampaikan ide dengan jelas, serta berinteraksi melalui pendekatan humanis.
 
"Melalui bimbingan teknis, setiap pegawai belajar berbicara dengan baik dan benar, efektif, juga mampu mempresentasikan ide dengan baik, dan berinteraksi dengan masyarakat lebih humanis," tuturnya.
 
Ditambahkan, bimtek berlangsung selama 3 hari dan diharapkan para peserta menerapkan keterampilan yang diperoleh dalam menjalankan tugas sehari-hari, khususnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
 
Baca juga: Pemkab HSU dan BPVP Samarinda beri pelatihan bagi pencari kerja

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024