Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan (Kakanwil Kemenkumham Kalsel) Jumadi meminta petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin untuk menjaga integritas.

"Jagalah integritas sebagai petugas Pemasyarakatan, lakukan pekerjaan dengan ikhlas dan profesional,” kata dia di Banjarmasin, Rabu (11/9).

Baca juga: Menkumham RI: Kolaborasi dan integritas capai kinerja optimal

Dia menekankan pentingnya pula memiliki rasa syukur atas posisi sebagai aparatur sipil negara (ASN) di Kemenkumham. 

Ia mengingatkan untuk menjadi ASN di Kementerian Hukum dan HAM, terutama pada masa penerimaan CPNS Kemenkumham yang saat ini ada banyak sekali pelamar yang mendaftar. 

Oleh karena itu, setiap tindakan yang menodai integritas ASN tidak hanya akan merusak citra pribadi, tetapi juga berdampak pada penilaian institusi, termasuk dalam hal Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Lebih lanjut, Kakanwil juga menyampaikan pentingnya bekerja secara humanis dan ikhlas, sesuai dengan arahan dari Menteri Hukum dan HAM RI. 

Ia menekankan ASN adalah perwakilan negara yang hadir untuk melayani masyarakat dengan penuh tanggung jawab. 

Para pejabat struktural di Lapas diminta untuk selalu sejalan dengan Kalapas, serta bekerja dengan inovatif, terencana, dan terukur. 

Selain itu, pekerjaan harus dilakukan secara rutin dan tidak hanya dikejar di saat laporan akhir mendekati tenggat waktu.

Baca juga: Wabup HST tanda tangani dokumen kebijakan umum anggaran PPAS APBD 2025

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil Jumadi terlebih dahulu melakukan peninjauan terhadap lingkungan Lapas Banjarmasin untuk memastikan kondisi fasilitas dan pelayanan kepada warga binaan Pemasyarakatan (WBP) berjalan dengan baik.

Kakanwil memberikan perhatian khusus pada pemenuhan kebutuhan dasar WBP, seperti ketersediaan air bersih, pangan, serta akses kesehatan. 

Dia menegaskan dapur merupakan pusat dari kesejahteraan WBP, sehingga pengelolaan bahan makanan harus dilakukan dengan disiplin dan kebersihan dapur harus selalu terjaga.
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan (Kakanwil Kemenkumham Kalsel) Jumadi saat berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin. (ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024