Jambore Adaro PAUD Berkarakter yang diinisiasi PT Saptaindra Sejati menjadi ajang meningkatkan kompetensi guru, membangun jaringan dan kolaborasi antar guru PAUD binaan Adaro grup.

Selama dua hari sejak 10 hingga 11 September 2024 ribuan guru PAUD  14 kabupaten/kota dari Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan  Sumatera Selatan mengikuti pelatihan  sekaligus  ekspose capaian dari program dan binaan kepada para stakeholder yang hadir. 

"Jambore Adaro PAUD 2024 Berkarakter bagian dari program untuk memberikan manfaat yang lebih bagi masyarakat," ungkap Division Head SHE & External Relation PT Saptaindra Sejati Agung Sarono di Tabalong, Selasa.

Melalui  pelatihan guru PAUD Berkarakter  diharapkan bisa meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan pendidikan bagi anak usia dini untuk menuju Indonesia Emas 2045

Jambore PT Saptaindra Sejati Peduli Literasi dan Hak Baca Anak yang digelar di auditorium Islamic Center Tabalong juga menghadirkan Ketua Program Yayasan Cahaya Astra Literatus – Pendiri Majalah CIA Stefanie Augustin.

Stefanie mengenalkan tiga program utama dalam upaya penguatan literasi diantaranya program Rumah Tunggu Literasi sebagai  upaya  pemenuhan hak anak untuk membaca.

"Kita ingin bangkitkan kesadaran para orangtua dan guru untuk menjadi contoh  bagi anak didik dan bersama-sama berjuang memenuhi hak anak untuk membaca," jelas Stefanie.

Ia pun mengapresiasi capaian yang dilakukan YABN bersama Adaro Group salam melakukan pembinaan PAUD berkarakter sejak 2011.

Ketua YABN Zuraida Murdia Hamdie menyebutkan saat ini   sebanyak  295 PAUD telah menerapkan pendidikan holistik berbasis karakter (PHBK) dengan peserta didik  tersebar di 14 kabupaten/kota yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Sumatera Selatan.  

"Awalnya hanya 10 PAUD dan setelah 12 tahun berjalan ribuan guru PAUD telah menerapkan konsep pendidikan berkarakter ," jelas Zuraida.

Awal pelaksanaan program ini YABN  bekerja sama dengan Indonesia Heritage Foundation (IHF) melakukan 
 pendampingan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter  untuk membentuk manusia secara utuh yang berkarakter dengan  mengembangkan aspek fisik, emosi, sosial, kreativitas, spiritual dan intelektual siswa secara optimal.

Termasuk  membentuk manusia yang life long learners atau pembelajar sejati. 


 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024