Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo resmi menutup latihan dasar kemiliteran Komponen Cadangan (Komcad) matra darat tahun 2024.
 
Sebanyak 500 peserta komcad mengikuti upacara penutupan Latsarmil gelombang pertama di Lapangan Kejujuran Mako Rindam VI/Mlw Kodam VI/ Mulawarman di Banjarbaru, Kalsel, Senin.

Baca juga: Kasdam VI/Mulawarman buka latsarmil Komcad di Rindam
 
"Bekerjalah dengan niat ibadah, loyal, tulus, dan ikhlas menjadi komponen cadangan yang terlatih, teruji, dan terpercaya dengan etos kerja tinggi," ujar Menhan Prabowo Subianto pada sambutan dibacakan pangdam.
 
Menhan juga berpesan anggota Komcad untuk menghindari sikap tinggi hati, sombong, dan eksklusif sebaliknya menjadi sosok prajurit yang bersahaja, disiplin, tegas, dan dicintai masyarakat.
 
Selanjutnya, Menhan meminta agar anggota komponen cadangan dapat menjaga nama baik, memelihara soliditas dan solidaritas diantara anggota serta bersinergi dengan berbagai komponen bangsa.
 
"Keberadaan komcad sangat penting karena merupakan suatu sumber daya nasional dan sumber daya yang akan memperkuat, memperkokoh, dan akan memperbesar komponen utama yakni TNI," ucap pangdam.
 
Menurut pangdam, anggota Komcad yang lulus memiliki kompetensi, pengetahuan nilai juang kemiliteran, manajemen, serta keterampilan yang sangat diperlukan dalam pertahanan negara.

"Seluruh anggota komcad patut berbangga karena telah berhasil melalui tantangan berat medan latihan dan materi pendidikan sesuai dengan kurikulum latsarmil yang terukur," sebut pangdam.

Baca juga: Lanal Banjarmasin gelar "Open Day" meriahkan HUT ke-79 TNI AL
 
Dikatakan, peserta didik komcad mengikuti pendidikan pelatihan dasar kemiliteran selama 3 bulan sejak 15 Juli hingga 12 September 2024 dan dibekali keterampilan dan peraturan militer dasar.
 
"Intinya mereka sudah memiliki bekal keterampilan militer, mental dan moril yang kuat serta setia NKRI hingga mampu menjaga kedaulatan, menegakkan NKRI serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia," katanya.
 
Penutupan latsarmil dihadiri Ses Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Heri Pribadi, Dir Sumdahan Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Ferri Trisnaputra, Danrem 101 Antasari, Danrindam VI/Mulawarman, serta undangan dari keluarga komcad.
 
Baca juga: Baleg DPR batalkan pembahasan revisi UU TNI dan Polri
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024