Marabahan, (Antaranews kalsel)- Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan Nanang Kaderi mengatakan,  dalam upaya mensosialisasikan partisipasi pemilih KPU Batola telah melaksanakan berbagai terobosan membuat 7.402 Warung Pemilu.
    
"Warung Pemilu tersebut sangat berperan mengajak masyarakat  untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam ikut menyalurkan aspirasinya di bilik TPS,” ujar Ketua KPUD Batola Nanang Kaderi, di Marabahan, Rabu.
     
Menurut dia, terobosan memalui Warung Pemilu ternyata  mendapat apresiasi KPU di seluruh Indonesia dan pusat.    
Bahkan, sebut dia, Warung Pemilu mendapat daya tarik KPU di seluruh Indonesia dan berencana datang ke Batola untuk mengetahui lebih dekat.
     
Selain melalui Warung Pemilu, ungkap dia, KPU Batola mendapat kesempatan untuk menjadi pilot project program Rumah Pintar Pemilu.
     
Dijelaskannya, hal lain yang telah dilakukan KPU Batola dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih pada 28 April 2016,  melakukan kerjasama dengan lembaga dan organisasi strategis dalam mendorong partisipasi pemilih seperti Kantor Kemenag Batola, Disdik, BNN, serta organisasi pemuda AMPI.
     
Melalui gerakan yang dilakukan instansi dan organisasi tersebut,  terang dia, diharapkan dapat mendorong tingkat partisipasi pemilih
    
Dia berharap, pada pemilihan nanti, pemilih  menggunakan hak pilih  mencapai 80 persen atau lebih dari target tersebut.
    
Terpisah, Bupati Batola Hasanuddin Murad menegaskan, untuk anggaran pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Kuala, 15 Februari 2017, Pamkab Batola sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp20 miliar.
     
"Untuk masalah anggaran tidak ada masalah, karena sudah kita anggarkan. Kita berharap pelaksanaan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Batola periode 2017-2022, pada 15 Februari 2017 berjalan sukses dan aman," demikian tegasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017