Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, terus mendorong dan memotivasi masyarakat untuk mengembangkan usaha ternak kambing melalui kontes kambing.

"Kami bersama pengusaha atau peternak kambing di Tanah Bumbu baru saja melakukan kontes kambing yang dilaksanakan di Pantai Jo Cemara Desa Pulau Salak Kecamatan Kusan Hilir," kata Staf Ahli Bupati Tanah Bumbu Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia M Putu Wisnu Wardhana, di Batulicin Senin.

Baca juga: "Ferguso" juara favorit kontes Kambing Piala Wali Kota Banjarbaru

Kontes kambing tersebut bertujuan untuk memotivasi masyarakat untuk beternak kambing, bahkan berternak kambing bisa dijadikan sebagai peluang usahan dan keuntungannya sangat menjanjikan.

Dalam event ini Wisnu mengatakan, ada 300 ekor kambing berbagai jenis mengikuti Kontes Kambing Jo Farm, peserta atau peternak yang mengikuti kontes kambing ini berasal dari berbagai kecamatan di Tanah Bumbu, bahkan ada yang dari Kalimantan Tengah.

Sementara itu kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tanah Bumbu Hairuddin menambahkan, pemerintah daerah sebelumnya juga memberikan bantuan hibah berupa bibit kambing unggul kepada masyarakat hingga mencapai puluhan ekor.

"Bantuan tersebut diharapkan dapat dikembangkan dan dijadikan sebagai bibit agar lebih produktif," katanya.

Tentunya melalui kontes kambing akan bisa mengembangkan kualitas kambing-kambing  di tingkat lokal. Sebab selama ini kambing-kambing yang ada di Tanah Bumbu meruakan kambing yang di datangkan dai luar daerah.

Baca juga: ULM kenalkan penanaman hijauan tiga strata untuk pakan kambing

"kami berharap kontes kambing ini bisa menjadi awal pengembangan jenis-jenis kambing yang lebih bagus. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tanah Bumbu akan terus melakukan pembinaan kepada peternak kambing," ucapnya.
peternak kambing asal Tanah Bumbu saat menunjukkan kambing jenis peranakan etawa (PE) untuk mengikuti kontes kambing kelas berat di Kecamatan Kusan Hilir Senin (26/8/2024) (ANTARA/Sujud Mariono)

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024