Kontingen Kalimantan Selatan (Kalsel) berhasil keluar sebagai juara umum Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV tahun 2024 yang hari ini resmi berakhir ditandai malam ramah tamah Gubernur Kalsel bersama kontingen PWI provinsi se-Indonesia di Mahligai Pancasila Banjarmasin.

"Selamat bagi kontingen PWI Kalsel atas gelar juara umum pada Porwanas kali ini," kata Ketua PWI Pusat Henry CH Bangun di Banjarmasin, Minggu malam.

Baca juga: Kontingen PWI DKI raih satu emas dan tiga perunggu

Kontingen tuan rumah mengumpulkan total 34 medali terdiri dari 16 emas, enam perak dan 12 perunggu.

Peringkat kedua ditempati juara bertahan dua edisi Porwanas sebelumnya Jawa Barat dengan total 27 medali terdiri dari 10 emas, enam perak dan 11 perunggu.

Kemudian Nusa Tenggara Barat memberikan kejutan dengan bertengger di posisi ketiga dengan 15 medali terdiri dari empat emas, dua perak dan sembilan perunggu.

Sementara Jawa Timur yang jadi tuan rumah pada edisi Porwanas XIII tahun 2022 lalu, hanya mampu duduk di peringkat keempat dengan empat emas, satu perak dan empat perunggu.

Secara total dari 34 kontingen provinsi, medali yang diserahkan kepada para juara di 11 cabang olahraga plus lomba karya jurnalistik sebanyak 232 medali terdiri dari 52 emas, 52 perak dan 128 perunggu.
Para pemenang karya jurnalistik foto Porwanas 2024 saat acara penutupan Porwanas XIV di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Minggu (25/8/2024) malam. (ANTARA/Firman)


Henry mengapresiasi atas suksesnya Kalsel menjadi tuan rumah, sehingga Porwanas tahun ini berlangsung sangat baik sekaligus meriah.

"Saya rasa ini pelaksanaan Porwanas terbaik yang pernah ada, selamat bagi tuan rumah sukses penyelenggaraan sekaligus sukses prestasi," ucapnya.

Dia pun berharap tuan rumah Porwanas berikutnya pada tahun 2027 mendatang dapat meniru Kalsel yang benar-benar menyiapkan diri secara matang, sehingga seluruh kontingen merasakan kegembiraan selama berada di Bumi Kalsel Babussalam.

Baca juga: Tim atletik Kalsel sabet medali emas Porwanas XIV

Sementara Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya Porwanas mulai tahap persiapan hingga hari pelaksanaan selama satu pekan terhitung sejak 19 hingga 25 Agustus 2024.

"Alhamdulilah kerja keras kita semua bergotong royong menyiapkan Porwanas didukung penuh Gubernur Paman Birin dengan hasil membanggakan dan semua kontingen meninggalkan kesan baik atas jamuan tuan rumah," katanya.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024