Ratusan Desa Labat Muara di muara Sungai Barito, Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan menerima bantuan paket sembako dari Adaro #HidupkanHati terkait rangkaian HUT ke-32 PT Adaro Energy Indonesia 2024.
 
Diangkut dengan perahu, penyaluran bantuan sembako Adaro yang berkolaborasi dengan Rumah Zakat dan Kantor Biro ANTARA sebanyak 326 paket untuk masyarakat prasejahtera di Desa Labat Muara, Jumat.

Baca juga: 329 paket sembako Adaro "Hidupkan Hati" untuk Desa Pulantan
 
Kedatangan bantuan sembako dari Adaro disambut masyarakat setempat yang bergotong royong mengangkut ke balai desa.
 
Desa setempat berstruktur tanah rawa hingga akses antarrumah dengan sarana jembatan titian yang hanya bisa dilalui pejalan kaki dan kendaraan roda dua.
 
Desa Lanat Muara juga menghadap muara Laut Jawa sehingga banyak warga yang berprofesi sebagai nelayan dan petani.
 
Akses menuju desa tersebut jika lewat darat hanya bisa dilalui kendaraan roda dua dengan jalan yang tidak beraspal atau jalan sungai dengan perahu.
 
Kepala Desa Labat Muara Asbulah menyampaikan desa tersebut berpenduduk sekitar 500 kepala keluarga atau 1.500 jiwa.
 
Asbulah menuturkan bantuan sembako dari Adaro sangat berarti bagi warga karena banyak yang masih kelas ekonomi ke bawah.
 
"Sangat bersyukur kita menerima bantuan Adaro ini," ujarnya.
 
Menurut dia, Adaro selalu memberikan perhatian bagi warga Desa Labat Muara selain bantuan sembako yang diberikan setiap tahun ada juga fasilitas umum lainnya.
 
"Kita harap ini terus berlanjut, dan banyak lagi program lainnya untuk kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Baca juga: PKK Kalsel serahkan 250 penyambung jaringan listrik di Aluh-Aluh
 
Program pembagian sembako dari Adaro #HidupkanHati merupakan rangkaian Hari Jadi Ke-32 Adaro bertema "Gelorakan syukur, berbagai untuk negeri" yang berlangsung secara bertahap sejak Juli hingga September 2024.
 
Selain di wilayah Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar, Adaro menyebarkan bantuan sembako pada 16 lokasi lainnya di Provinsi Kalsel.
 
Memasuki usia ke-32 tahun, Adaro membagikan total sembako sebanyak 27.000 paket tersebar pada 176 lokasi di Indonesia meliputi wilayah Sumatera, Jawa dan Kalimantan.
 
Adaro bersama Rumah Zakat telah bekerja sama selama tiga tahun atau 2022, untuk menyalurkan bantuan sembako bagi warga prasejahtera di wilayah operasional meliputi Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.
 
Tercatat, Adaro membagikan 21.695 paket tersebar di 168 lokasi pada 2022, sebanyak 25.000 paket pada 199 lokasi (2023), dan 27.000 paket pada 176 (2024).
Seorang warga Desa Labat Muara saat menerima sembako HUT Ke-32 PT Adaro Energi Indonesia di Desa Labat Muara, Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar, Jumat (23/8/2024). (ANTARA/Sukarli)

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024