Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menerima dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Kotabaru sebesar Rp10 miliar untuk pelaksanaan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) di Kotabaru, Kalimantan Selatan.

"Terima kasih kami kepada Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar atas kepercayaannya yang telah mendukung terwujudnya PSDKU ULM di Kotabaru," kata 
Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis.

Baca juga: ULM identifikasi potensi desa sekitar lahan mangrove Kotabaru yang dikelola

Rektor menyebut Pemkab Kotabaru bersama ULM telah sepakat bekerja sama untuk melaksanakan PSDKU dalam rangka mendukung peningkatan pendidikan bagi putra dan putri daerah khususnya Kotabaru.

Terdapat lima program studi Pascasarjana ULM yang dibuka dalam program PSDKU, yakni Magister Administrasi Pendidikan, Magister Studi Pembangunan, Magister Teknik Sipil, Magister Manajemen, dan Magister Kesehatan Masyarakat. 

Pada tahun ini, pendaftaran untuk mahasiswa baru telah dibuka pertama kalinya untuk tahun ajaran 2024/2025.

Alim berharap program PSDKU ULM bisa terus berkembang dan mencakup banyak daerah lainnya di Kalimantan Selatan bahkan luar provinsi khususnya di wilayah pulau Kalimantan.

"Ini menjadi komitmen ULM sebagai perguruan tinggi negeri terbaik di Kalimantan untuk bisa menjangkau lebih banyak mahasiswa tanpa terbatas jarak dan waktu," tegasnya.

Diketahui PSDKU merupakan program dimana sebuah universitas menyediakan beberapa program studi yang lokasi belajarnya berada jauh dari kampus utama.

Baca juga: ULM bekali 6.400 mahasiswa baru soal wawasan kebangsaan penuh inovatif

Berdasarkan Permenristekdikti No 1 Tahun 2017 pasal 6 ayat 2 b, syarat untuk membuka PSDKU telah memiliki jurusan yang sama dengan kampus utama dengan akreditasi A atau unggul. 

Misalnya ULM kampus utama di Banjarmasin punya Magister Administrasi Pendidikan, di PSDKU ULM Kotabaru juga terdapat jurusan Magister Administrasi Pendidikan.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024