Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Kementerian Pertanian (Kementan) RI menggulirkan program cetak sawah satu juta hektare guna membuka lapangan kerja di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan.

Hal itu disampaikan Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pangan Bawah Kendali Operasi (BKO) Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani melalui keterangan tertulis yang diterima di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis.

Baca juga: Jhonlin Grup kembali datangkan 264 Excavator untuk projects cetak sawah di Papua

Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani didampingi Sekjen Sekjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan RI Hermanto sempat menyosialisasikan program tersebut kepada masyarakat di Kampung Uli-Uli Distrik Ilwayam, Merauke, Papua Selatan.

Rizal memberikan gambaran kepada 30 orang warga Uli-Uli tentang program pemerintah membangun lahan pangan (food Estate) yang saat ini berjalan di Wanam, Kabupaten Merauke.

Rizal menegaskan program sektor pertanian di Wanam merupakan program pemerintah pusat untuk memberdayakan masyarakat.

Baca juga: 38 unit alat berat milik Jhonlin tiba di Papua

“Itu adalah program nasional, proyek pemerintah tentu tujuannya adalah untuk kesejahteraan masyarakat,” tutur Rizal.

Rizal menjelaskan pemerintah memilih Kabupaten Merauke karena kabupaten tersebut memiliki topografi wilayah yang datar dan subur, sehingga sangat cocok untuk pertanian atau cetak sawah.

Perwira tinggi TNI jenderal bintang dua ini berharap masyarakat Papua Selatan terutama Merauke merespon positif program pemerintah ini, karena akan berdampak positif bagi pembangunan Papua.

Baca juga: Jhonlin kirim puluhan alat berat ke Wanam Merauke
 
Petugas Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Kementerian Pertanian (Kementan) R bersama warga terkait program Cetak sawah satu juta hektare di Wanam, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Rabu (14/8/2024). (ANTARA/HO-Jhonlin Group)

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024